Variasi dan Perbaikan Cara Pengolahan berbagai Tipe Tembakau Rajangan di Berbagai Wilayah Penghasil Tembakau

Artikel Tembakau Berita Perkebunan

BERITA PERKEBUNAN – Tembakau di Indonesia berkembang di 14 Provinsi yaitu Nangroe Aceh Darussalam, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB), Nusa Tenggara Timur (NTT), dan Sulawesi Selatan dengan cara pengolahan yang sangat bervariasi sesuai tipenya. Variasi cara pengolahan tembakau rajangan dipengaruhi oleh tingkat sentuhan teknologi serta selera konsumen dan kearifan budaya lokal. 

Kurangnya sentuhan teknologi pada setiap tahap pengolahan tembakau rajangan mengakibatkan rendahnya mutu tembakau yang dihasilkan. Penggunaan teknologi pengolahan tembakau rajangan sesuai baku teknis diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan petani tembakau rajangan di Indonesia.  Beberapa teknologi pengolahan tembakau rajangan tersebut antara lain terkait dengan optimalisasi pelaksanaan sortasi, pemeraman, penggulungan, perajangan, dan penjemuran.

Dalam hal ini selera konsumen dan kearifan budaya lokal saling berinteraksi. Beberapa diantara teknik yang sudah ada sebaiknya dipertahankan karena merupakan ciri khas masing-masing tipe tembakau yang sudah jelas pasarnya, antara lain berhubungan dengan lebar rajangan (halus, sedang, dan kasar), warna (hijau, putih, kuning, merah dan hitam), penginjakan pada proses pembuatan tembakau hitam Payakumbuh Sumatera Barat, proses lanjutan setelah tembakau rajangan kering yaitu pemanggangan tembakau rajangan Soppeng Sulawesi Selatan, serta bahan dan cara pembungkusan tembakau kering dalam pemasarannya.  Tinjauan ini membahas variasi tahapan pengolahan tembakau rajangan untuk meningkatkan indeks mutunya. (\Joko Hartono/Balittas)

Sumber : Perspektif Puslitbang Perkebunan Vol. 12 No. 1, Juni 2013

Download Fulltext : perkebunan_Perspektif_12_1_2013-N-4-Joko-Hartono-tembakau1.pdf

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *