Uret Lepidiota stigma, Hama Penting pada Tebu

Artikel Tebu Berita Perkebunan

BERITA PERKEBUNAN – Serangan uret Lepidiota stigma pada tanaman tebu perlu diwaspadai, mengingat kerusakan yang ditimbulkannya sangat merugikan (>90%). Tindakan pemantauan kehadiran hama ini di lapangan menjadi kunci dalam upaya menekan kerusakan tanaman.

Hal ini mengingat serangan hama uret di lapangan berfluktuasi dari tahun ke tahun. Umumnya jika terjadi serangan hama uret tinggi pada suatu tahun, maka pada tahun berikutnya kasus-kasus kerusakan/serangan menurun. Pemantauan dan pencatatan fluktuasi populasi hama secara berkala, menjadi dasar informasi dalam persiapan atau pengambilan keputusan pengendalian yang akan dilakukan.

Keputusan pengendalian melalui penerapan salah satu atau kombinasi komponen pengendalian uret, menjadi lebih efektif dan efisien. Gerakan massal pengendalian uret pada tebu perlu diterapkan secara terkoordinir oleh para petani, karena pola sebaran serangan uret merata di lapangan, kemampuan terbang dan bertelur yang cukup tinggi dari kumbang betina, menyebabkan serangan uret akan selalu dijumpai.

Selengkapnya download file : perkebunan_WartaVol21No3-2015.pdf

Info terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *