UPSUS: Panen Padi Bersama di Kabupaten Kediri, Propinsi Jawa Timur

Highlight Upsus

Upaya Khusus (UPSUS) – Panen padi bersama di Kabupaten Kediri Propinsi Jawa Timur (7/1) dilaksanakan di tiga desa (Lamong dan Krecek Kec. Badas, serta Brumbung, Kec. Kepung), menggunakan varietas Inpari 13, Inpari 33, Ciherang dan IR64).

1. Lahan milik Kelompok Tani, Desa Lamong Kecamatan Badas, Kabupaten Kediri. Luas hamparan 10 ha sudah mulai panen.  Varietas IR64 dengan luas yang dipanen 3,5 ha, dan produktivitas mencapai 7 ton/ha. Harga gabah tingkat petani Rp. 5.300/kg GKG.  Penanaman padi dilakukan bertahap sehingga panen bisa dilakukan setiap bulan.   Varietas Panen masih akan berlanjut sampai Februari 2018.

 

2. Lahan milik Kelompok Tani Budi Luhur, Desa Krecek, Kabupaten Kediri. Luas lahan sawah 50 ha sudah sementara panen.  Luas yang dipanen pada hari ini adalah 15 ha. Varietas padi yang ditanam yakni membramo dengan produktivitas 7 ton/ha. Harga gabah tingkat petani Rp. 5.000/kg GKP.

 

3. Lahan milik Kelompok Tani Luhur, Desa Brumbung, Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri. Luas lahan sawah 350 ha sudah mulai panen.  Luas yang dipanen pada hari ini adalah 74 ha.  Varietas padi yang ditanam yakni Ciherang, Inpari 13, 32, dan 42 dengan produktivitas sekitar 7-8 ton/ha. Panen dilakukan tiga kali setahun (IP 300).  Petani juga sudah menyiapkan bibit pada saat panen baru akan dilakukan sehingga ada kontinuitas tanam. Harga gabah tingkat petani Rp. 4.500/kg GKP.  Panen masih berlanjut sampai Maret 2018.

Panen dihadiri oleh Kapuslitbang Perkebunan, BPTP JATIM, Kepala Balittas Malang, Pasiter, Koramil, Babinsa, ketua dan anggota kelompok tani.

Hadir pada kegiatan panen Kepala Puslitbangbun, LO Balittas, BPTP, Babinsa, anggota Koramil, PPL serta ketua dan anggota kelompok tani setempat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *