Transformasi Jabatan Struktural Lingkup Puslitbang Perkebunan menjadi Pejabat Fungsional

Aktifitas Puslitbangbun Highlight

Kementerian Pertanian melakukan transformasi jabatan dengan melantik 1.277 pejabat struktural eselon III dan IV menjadi fungsional di seluruh Indonesia, secara langsung maupun virtual oleh Menteri Pertanian Dr. Syahrul Yasin Limpo di Kantor Pusat Kementan Jakarta, Rabu (30/12). Dari 1.277 transformasi jabatan, 167 diantaranya adalah pejabat struktural lingkup Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan).

Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan (Puslitbang Perkebunan) sebagai salah satu Unit Kerja Balitbang Kementan bersama 4 (empat) Unit Pelaksana Teknis di bawahnya, terdapat 14 (empat belas) pejabat struktural eselon III dan IV yang dilantik. Adapun pejabat struktural lingkup Puslitbang Perkebunan yang turut dilantik yaitu, Kabag TU, Kabid KSPHP, Kabid PE, Kasubbag Kepegawaian dan Rumah Tangga, Kasubbid Program, Kasubbid Evaluasi, Kasubbid Kerja Sama, Kasubbid Pendayagunaan Hasil Penelitian, serta 3 (tiga) Kasie Jasa Penelitian dan 3 (tiga) Kasie Pelayanan Teknik dari UPT Lingkup Puslitbang Perkebunan.

Dalam arahannya, Mentan Syahrul menekankan bahwa penyetaraan jabatan merupakan tindak lanjut dari arahan Presiden Joko Widodo agar ada penyederhanaan birokrasi lingkup instansi Pemerintah.

“Memangkas dua level dan diganti dengan jabatan fungsional yang menghargai keahlian dan kompetensi. Tujuannya untuk memangkas prosedur birokrasi yang panjang sehingga organisasi dan instansi bisa berjalan efektif dan efisien,” ujar Mentan.

Lebih lanjut Syahrul menjelaskan bahwa penyederhanaan birokrasi berdampak besar pada perubahan pola pikir dan budaya kerja, oleh karena itu Mentan berharap agar semua pihak dapat menjadikan ini kesempatan lompatan besar pada karir bukan sebagai penghambat.

“Jabatan fungsional tidak membuat kita lebih santai dan rileks dalam menjalankan tugas dan fungsi. Tugas kita adalah bagaimana lebih meringankan tugas negara, mempercepat pelayanan dan tidak membebani rakyat,” kata Mentan.

“Tingkatkan kapasitas, perbaiki komunikasi, konsolidasi internal, harus clean (dari korupsi), dan makin cerdas”, tutupnya.

Kepala Puslitbang Perkebunan, Ir. Syafaruddin, Ph.D yang hadir mendampingi pelantikan juga berharap agar transformasi jabatan ini mampu memberikan peningkatan pada kualitas kinerja dan pelayanan kepada masyarakat.

“Setelah dilakukan tranformasi jabatan ini, saya berharap kepada seluruh pejabat yang dilantik dapat meningkatkan kualitas kinerjanya dan mampu memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat khususnya terkait dengan tugas pokok Puslitbang Perkebunan sebagai lembaga penelitian”, Ujar Kapus.

“Tetap perkokoh tim kerja yang solid dengan selalu proaktif, responsif dan solutif terhadap berbagai permasalahan yang muncul dan selalu patuhi protokol yang ada termasuk protokol kesehatan”, tambahnya.

Selamat dan sukses untuk seluruh pejabat lingkup Kementerian Pertanian yang telah dilantik, semoga mampu mewujudkan pertanian yang Maju, Mandiri Dan Modern. (Anjas/Tim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *