Tipe Pertumbuhan Tanaman Tebu Asal Benih Bud Chips di Lahan Kering

Artikel Tebu Berita Perkebunan

BERITA PERKEBUNAN – Akselerasi penggunaan bahan tanam tebu bud chips merupakan penerapan teknologi budidaya tebu dalam upaya pencapaian program swasembada gula nasional. Pemakaian bud chips sebagai bahan tanam dapat mengurangi jumlah penggunaan benih hingga 4 kali dibandingkan dengan bagal. Selain itu penggunaan benih bud chips dapat meningkatkan produktivitas tebu karena tanaman tumbuh lebih serempak dan jumlah anakan lebih banyak.

Benih bud chips disemai sampai dengan benih umur 3 – 4 bulan. Benih ditanam pada polybag atau pot tray dengan media tanam terbatas, hal tersebut bertujuan untuk mengurangi pertumbuhan benih. Media persemaian yang terbatas menyebabkan benih menjadi tumbuh kerdil. Ruas-ruas batang benih menjadi pendek-pendek dan jumlah mata tunas dorman lebih banyak.

Pada waktu dilakukan transplanting di lapang dengan lingkungan yang optimal, mendorong mata tunas tumbuh secara serempak dan menghasilkan jumlah anakan yang banyak dan seragam.

Tanaman tebu dari benih bud chips pada umur tiga bulan yang ditanam di lahan kering dapat menghasilkan anakan sebanyak 4 – 12 anakan dan menunjukkan tipe pertumbuhan yang berbeda-beda, yaitu:

(1) Pertumbuhan tanaman tipe 1 utama tumbuh normal dan anakan tumbuh dari mata-mata tunas yang ada di dalam tanah. Pertumbuhan tanaman tebu tipe 1 merupakan pertumbuhan tanaman tebu ideal dan anakan yang terbentuk berpotensi sebagai batang tebu yang produktif. Hal tersebut dikarenakan perakaran anakan tumbuh dengan baik dan dapat langsung menyerap unsur hara tanam untuk pertumbuhan tanaman.

(2) Pertumbuhan tanaman tipe 2 utama tumbuh dengan baik, anakan tumbuh dari mata-mata tunas-yang berada di dalam tanah. Jumlah anakan yang tumbuh dari mata-mata tunas yang ada di dalam tanah dapat mencapai 4 – 6 anakan. Namun beberapa anakan tumbuh dari mata-mata tunas tanaman utama yang ada diatas permukaan tanah tipe 2. Jumlah anakan yang tumbuh dari mata-mata tunas yang ada di atas permukaan tanah dapat mencapai  3 – 5 anakan.

(3) Pertumbuhan tanaman tipe 3, dimana tanaman utama tidak normal atau mengalami kematian, namun mata-mata tunas yang ada di dalam tanah tumbuh dengan baik. Pertumbuhan tanaman tebu tipe 3 jelas akan mengurangi jumlah anakan produktif, karena matinya tanaman utama. Kematian tanaman utama dapat disebabkan oleh adanya serangan hama tanaman khususnya adalah penggerek pucuk ataupun hama jenis yang lain. Kematian tanaman utama dapat memacu pertumbuhan mata-mata tunas aksilar untuk tumbuh lebih cepat.

Gambar. Pertumbuhan tanaman tebu dari benih bud chips dan beberapa tipe pertumbuhan tanaman utama dan anakan yang tumbuh pada lahan kering.

Penggunaan benih unggul tebu dengan pembenihan bud chips terus digalakkan pada tingkat penangkar Kebun Benih Datar (KBD) dan petani pengembang untuk memenuhi permintaan bibit dalam mendukung program bongkar ratoon dan tanam tebu baru/plant cane (PC).

Download artikel : Tipe Pertumbuhan Tanaman Tebu Asal Benih Bud Chips di Lahan Kering

Berita Terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *