Tiga VUB Tembakau Kemloko Agribun Diluncurkan di Temanggung

Artikel Tembakau Berita Perkebunan

BERITA PERKEBUNAN – Balai Penelitian Tanaman Pemanis dan Serat (Balittas), Badan Litbang Kementerian Pertanian bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah meluncurkan Varietas Unggul Baru (VUB) tanaman tembakau Kemloko 4, 5, dan 6 Agribun. Peluncuran VUB Kemloko ini dilakukan oleh Bupati Temanggung Mulyadi Bambang Sukarno untuk dibudidaya masyarakat di areal pengembangan Kelompok Tani Karya Peni di Lingkungan Bakungan Kelurahan Tlogorejo Temanggung, Jawa Tengah, Kamis (07/09/2017).

VUB Kemloko 4, 5, dan 6 Agribun ini sebelumnya sudah dirilis oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) dalam sidang Pelepasan Varietas Tanaman Perkebunan yang digelar Direktorat Perbenihan, Ditjen Perkebunan tanggal 21 April 2017 yang lalu bersama 7 VUB Tembakau lainnya. [Baca: 7 Varietas Unggul Baru Tembakau Dirilis Balitbangtan]

Bupati Temanggung menuturkan bahwa peluncuran VUB tembakau ini bertepatan dengan masa panen tembakau tahun 2017. Musim tahun ini sangat mendukung untuk budidaya tanaman tembakau, dimana hasil dari ketiga VUB ini di lahan juga bagus, ujar Mulyadi.

Lebih lanjut Mulyadi mengatakan, ketiga VUB ini lebih baik dibanding pendahulunya, Kemloko 1, 2, dan 3 yang diperkenalkan dan sudah ditanam petani selama 15 tahun terakhir. Semoga ketiga VUB Tembakau yang diluncurkan ini dapat meningkatkan pendapatan petani dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, imbuhnya.

Hasil sidang Pelepasan Varietas khusus komoditas tembakau Tahun 2017, VUB Kemloko 4, 5, dan 6 dengan rincian sebagai berikut :

  1. Tembakau galur 0203/11/2/1, disetujui dilepas dengan nama Kemloko 4 Agribun, tipe varietas galur murni;
  2. Tembakau galur 0202/07/1/2, disetujui dilepas dengan nama Kemloko 5 Agribun, tipe varietas galur murni;
  3. Tembakau galur 0205/10/1/3B, disetujui dilepas dengan nama Kemloko 6 Agribun, tipe varietas galur murni.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *