Tiga Jurnal Lingkup Puslitbang Perkebunan Ditetapkan sebagai Jurnal Ilmiah Terakreditasi Peringkat 2 (S2)

Aktifitas Puslitbangbun Highlight

AKTIVITAS PUSLITBANGBUN – Tiga dari enam jurnal ilmiah terbitan Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan (Puslitbang Perkebunan) ditetapkan sebagai Jurnal Ilmiah Terakreditasi Peringkat 2 (S2) dan meraih sertifikat akreditasi dari Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset Inovasi Nasional Republik Indonesia. Penetapan tersebut berdasarkan Surat Keputusan Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset Inovasi Nasional Nomor: 148/M/KPT/2020, tanggal 3 Agustus 2020. Akreditasi berlaku selama 5 (lima) tahun (2019-2024).

Adapun tiga jurnal ilmiah terbitan Puslitbang Perkebunan yang telah mendapat sertifikat akreditasi yakni : (1) Jurnal Penelitian Tanaman Industri (J. Littri), (2) Perspektif Review Penelitian Tanaman Industri, dan (3) Buletin Palma yang dikelola oleh Balai Penelitian Tanaman Palma, Manado.

Sementara tiga jurnal yang akan mengajukan akreditasi ulang yaitu : (1) Buletin Penelitian Tanaman Rempah dan Obat yang dikelola oleh BALITTRO, (2) Buletin Tanaman Tembakau, Serat dan Minyak Industri yang dikelola oleh BALITTAS, dan (3) Jurnal Tanaman Industri dan Penyegar yang dikelola oleh BALITTRI.

Kepala Puslitbang Perkebunan, Ir. Syafaruddin, Ph.D. dalam pesan singkatnya sangat mengapresiasi kerja keras yang telah dilakukan oleh seluruh pihak atas terakreditasinya Jurnal Littri, Perspektif, dan Buletin Palma. Beliau berharap prestasi ini dapat terus dipertahankan dan bahkan ditingkatkan khususnya bagi tim Redaksi ketiga Jurnal tersebut.

“Alhamdulillah… Saya sangat bersyukur sekaligus bangga atas prestasi yang diperoleh oleh Puslitbang Perkebunan. Semoga hal ini dapat kita pertahankan dan bahkan kita tingkatkan di masa mendatang. Terima kasih untuk semua yang sudah mencurahkan waktu dan pikirannya. Semoga berbuah pahala, ucap Syafaruddin”.

Kapuslitbang Perkebunan juga berharap kepada pengelola tiga jurnal terbitan Puslitbang Perkebunan yang akan mengajukan akreditasi ulang (Buletin Balittro, Buletin Balittas, dan Jurnal Balittri), untuk mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik, agar nantinya berhasil meraih sertifikat akreditasi dari Kemenristek/BRIN.

Sebagai informasi bahwa keenam jurnal terbitan Puslitbang Perkebunan ini terbuka untuk umum (peneliti, dosen, mahasiswa, dan lain-lain) untuk mengirimkan tulisan ilmiah hasil penelitiannya guna diterbitkan dalam jurnal-jurnal tersebut. Silahkan kunjungi website dari masing-masing OJS Jurnal tersebut.

Selamat dan Sukses untuk seluruh tim Dewan Redaksi Jurnal Littri, Perspektif, dan Buletin Palma (Bur/Tim Web)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *