Tiga Jurnal Ilmiah Puslitbangbun Kembali Terakreditasi Kemenristek/BRIN

Berita Perkebunan Highlight

BERITA PERKEBUNAN – Jurnal ilmiah merupakan salah satu media untuk menyampaikan hasil-hasil inovasi penelitian dari para peneliti kepada masyarakat yakni dengan menulis Karya Tulis Ilmiah (KTI) yang nantinya dipublikasikan di jurnal ilmiah. Publikasi di jurnal ilmiah juga merupakan salah satu aspek terpenting untuk mendukung kenaikan jenjang jabatan fungsional bagi para peneliti, dosen, widyaiswara serta fungsional lainnya. Tentu, KTI yang dipublikasi harus di jurnal ilmiah yang telah terakreditasi.

Jurnal Penelitian Tanaman Industri (Littri), Perspektif Review Penelitian Tanaman Industri, Buletin Tanaman Rempah dan Obat, Buletin Tanaman Tembakau, Serat, dan Minyak Industri, Buletin Palma, dan Jurnal Tanaman Industri dan Penyegar adalah 6 (enam) jurnal ilmiah terbitan Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan (Puslitbangbun) yang berisi tulisan-tulisan terbaik dari para peneliti, dosen dan pemangku kepentingan bidang perkebunan, sehingga bisa menjadi referensi bagi mahasiswa, peneliti, dosen, dan berbagai pihak yang membutuhkannya.

Tiga dari enam jurnal ilmiah Puslitbangbun tersebut yakni Jurnal Penelitian Tanaman Industri (Littri), Perspektif Review Penelitian Tanaman Industri, dan Buletin Palma, terakreditasi kembali berdasafkan Keputusan Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset Inovasi Nasioanal RI nomor 148/M/KPT/2020 tanggal 3 Agustus 2020, Ketiga jurnal ilmiah tersebut kembali terakreditasi (Reakreditasi Tetap di peringkat 2/S2) selama 5 (lima) tahun. Pada akreditasi sebelumnya tahun 2018 ketiga jurnal ilmiah ini juga terakreditasi Kementistek Dikti peringkat 2 (S2).

Jurnal Penelitian Tanaman Industri (Jurnal Littri) merupakan publikasi ilmiah primer yang memuat hasil penelitian komoditas perkebunan yang belum dimuat pada media apapun. Jurnal Littri mulai mempublikasikan KTI sejak tahun 1987. Mulai tahun 2017, jurnal ini diterbitkan dua kali setahun (Juni dan Desember).

Perspektif Review Penelitian Tanaman Industri diterbitkan dua kali setahun (Juni dan Desember) dan merupakan karya tulis tinjauan yang berisi suatu kajian hasil-hasil penelitian yang berupa olah pikir analisis dan sintesis sejumlah hasil penelitian dan kajian kebijakan tanaman industri/perkebunan. Terbit pertama kali Juni 2002.

Buletin Palma memuat artikel hasil-hasil penelitian kelapa dan palma lainnya. Buletin ini diterbitkan dua kali setahun (Juni dan Desember), diterbitkan sejak tahun 1987.

Kepala Puslitbangbun, Ir. Syafaruddin, Ph.D., pada kesempatan terpisah mengapresiasi kerja keras yang telah dilakukan oleh Dewan Redaksi dan Redaksi Pelaksana jurnal ilmiah Puslitbangbun serta seluruh pihak atas terakreditasinya kembali Jurnal Littri dan Perspektif. Syafaruddin berharap prestasi ini dapat terus dipertahankan dan bahkan ditingkatkan ke peringkat 1 dan terindeks Scopus.

“Saya sangat bersyukur sekaligus bangga atas prestasi yang diperoleh oleh Puslitbangbun. Setelah kemaren mendapat penghargaan anugerah keterbukaan informasi publik dari Kementerian Pertanian, sekarang jurnal ilmiah Puslitbangbun terakreditasi kembali oleh Kemenristek/BRIN. Semoga hal ini dapat kita pertahankan dan bahkan kita tingkatkan. Puslitbangbun juga akan terus berkomitmen memberikan pelayanan kepada masyarakat yang membutuhkan informasi di bidang inovasi teknologi perkebunan”, ungkap Syafaruddin.

Syafaruddin juga mengapresiasi salah satu UPTnya yakni Balai Penelitian Tanaman Palma sebagai pengelola Buletin Palma, dimana Buletin Palma juga kembali terakreditasi Kemenristek/BRIN dengan peringkat 2. Semoga tiga jurnal ilmiah lingkup Puslitbangbun (Buletin Tanaman Rempah dan Obat, Buletin Tanaman Tembakau, Serat, dan Minyak Industri, dan Jurnal Tanaman Industri dan Penyegar) yang akan mengusulkan akreditasi ulang melalui Arjuna dapat mempersiapkan dengan baik agar nantinya berhasil terakreditasi kembali, imbuhnya.

Diharapkan dengan terakreditasinya kembali tiga jurnal ilmiah Puslitbangbun ini dapat meningkatkan minat para peneliti, mahasiswa maupun dosen untuk mengirimkan KTI-nya ke Puslitbangbun. (Bur/Tim Web)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *