Terong cepoka (Solanum torvum) herba yang berkhasiat sebagai obat

Inovasi Obat Inovasi Teknologi

INFO TEKNOLOGI – Terong cepoka merupakan salah satu jenis  tanaman yang berkhasiat  sebagai bahan  obat tradisional, dan berpotensi untuk dibudidayakan. Dalam pengobatan tradisional, bagian tanaman terong cepoka yang digunakan untuk pengobatan adalah daun, buah dan akar, untuk mengatasi sakit lambung dan tidak datang haid, pinggang kaku maupun bengkak terpukul, batuk kronis, bisul atau koreng, jantung berdebar (tachy-cardia), nyeri jantung dan menurunkan tekanan darah tinggi.

Penggunaan tanaman obat ini masih dilakukan secara tradisional yaitu dengan cara direbus maupun dilalap mentah, untuk keperluan dalam pengobatan bahan tanaman masih diambil dari alam.

Tumbuhan obat ini mempunyai  kandungan kimia yang terdapat pada daun, akar dan buah. Kandungan kimia buah dan daun mengandung alkaloid steroid yaitu jenis solasodin 0,84%, sedangkan kandungan  buah kuning mengandung solasonin 0,1%, buah mentah mengandung chlorogenin, siso-logenenone, torvogenin, vitamin A, dan mengandung neo-chloro-genine, panicolugenine dan akarnya mengandung jurubine.

Terong cepoka memiliki, rasa pedas, sejuk dan agak beracun, apabila penderita kecenderungan glucoma dilarang mengkonsumsi terong cepoka. Penggunaan yang berlebihan dapat menimbulkan keracunan pada tubuh manusia. Kandungan kimia yang terdapat pada tanaman obat ini mampu bertindak sebagai antioksidan, dan dapat melindungi jaringan tubuh dari efek negatif radikal bebas. Terong cepoka memiliki aktivitas pembersih superoksida yang tinggi yakni di atas 70%.

Selengkapnya Download artikel : perkebunan_warta_15(3)2009.pdf {1204 KB}

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *