Terbaru ! Hand Sanitizer dari Lidah Buaya dan Minyak Pala

Berita Perkebunan Highlight

BERITA MEDIA – TABLOIDSINARTANI.COM, Bogor — COVID-19 atau Virus Corona menjadi momok menakutkan di dunia saat ini. Permintaan hand sanitizer pun meningkat, meskipun harga seakan tidak masuk akal. Namun Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro) membuat inovasi yang bisa menekan harga.

Sudah lebih dari 100 ribu kasus yang dinyatakan positif Corona dan lebih 4200 orang meninggal dunia dari seluruh dunia.  Untuk mengantisipasi makin meluasnya penyebaran virus ini, beberapa negara telah mensosialisasikan beberapa upaya untuk menangkal penyebarannya.  Salah satunya adalah dengan mencuci tangan sesering mungkin.

Mencuci tangan adalah salah satu tindakan sanitasi dengan membersihkan tangan dan jari jemari dengan menggunakan sabun dengan air mengalir, atau menggunakan bahan desinfektan seperti hand sanitizer  yang memiliki kemampuan antimikroba.

Gencarnya pemberitaan tentang pentingnya mencuci tangan berdampak terhadap langkanya produk hand sanitizer di lapangan sehingga masyarakat panik dan memicu aksi borong dan akibatnya harga hand sanitizer meningkat drastis.

Umumnya bahan baku hand sanitizer menggunakan campuran alkohol dengan bahan pengental (gelling agent) serta bahan tambahan untuk pewangi.   Kandungan alcohol yang tinggi memang efektif untuk membunuh mikroorganisme, namun bila digunakan terlalu sering mengakibatkan kulit kering.

Oleh karena itu Balai Penelitian Tanaman Obat (Balittro) membuat formula hand sanitizer dengan penambahan  gel lidah buaya yang bisa membantu menjaga kelembaban kulit. Bahan lain yang ditambahkan adalah minyak atsiri yang berfungsi tidak hanya sebagai bahan pewangi tetapi juga memiliki kemampuan antimikroba.

Berdasarkan hasil penelitian, lidah buaya memiliki kandungan zat zat seperti enzim, asam amino, mineral, vitamin, polisakarida, dan juga komponen lain yang baik untuk kesehatan.

Lidah buaya baik bagi kulit, karena dalam penggunaannya untuk perawatan kulit yaitu melembabkan kulit hingga detoksifikasi kulit dan dapat juga menghilangkan jerawat. Selain itu lidah buaya berkhasiat sebagai antiimflamasi, antijamur dan antibakteri.

Beberapa kandungan bahan aktif yang ada pada minyak pala yaitu trimiristin, kamfena, eugenol dan limonene memiliki kemampuan anti mikroba.  Penambahan minyak pala selain berfungsi sebagai anti bakteri juga dapat memberikan aroma yang menyegarkan.

Hand Sanitizer racikan peneliti Balittro ini diberi nama Healthtro Hand Sanitizer dan dibuat dengan menggunakan teknologi difusi spontan yang mengikuti 3 tahapan proses pencampuran yaitu fase air menjadi fase minyak (organik) dan menjadi fase air kembali.

Sumber : Tabloidsinartani.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *