Teknologi Pengemasan dan Penyimpanan Entres Kopi Robusta untuk Meningkatkan Viabilitas Benih

Inovasi Kopi Inovasi Teknologi

INFO TEKNOLOGI PERKEBUNAN – Lokasi sumber benih denan tempat perbanyakan benih menjadi sebuah kendala pada penyediaan bahan tanam kopi robusta terutama dalam bentuk entres. Salah satu faktor pembatas keberhasilan distribusi entres kopi adalah tingkat kesegarannya. Semakin cepat entres mengalami penurunan kesegarannya maka akan semakin cepat entres tersebut kehilangan daya tumbuh.

Hal ini dapat diatasi dengan mengemas entres dalam bahan pembungkus yang tepat agar kelembaban dan kesegaran entres kopi robusta dapat terjaga dengan baik.

Fungsi pengemasan entres kopi selama distribusi adalah untuk melindungi entres kopi dari panas, sinar ultraviolet, benturan, maupun kontaminasi mikroba yang dapat merusak dan menurunkan mutu entres. Peningkatan lama simpan entres kopi tersebut akan membantu penyediaan entres untuk perbanyakan kopi robusta secara vegetatif, yaitu penyetekan dan penyambungan.

Teknik pengemasan entres kopi robusta dengan menggunakan pengemas plastik + koran + superabsorbent polyacrylamide polymer (3g/L air) mampu mempertahankan viabilitas entres kopi robusta sebesar 75% walaupun telah melewati masa distribusi entres selama lebih kurang 10 hari pada suhu 35 – 40 oC.

Gambar. Pengemasan entres kopi robusta.

Info terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *