Teknologi dan Inovasi Perkebunan dipaparkan pada Pembekalan dan Orientasi CPNS Balitbangtan Formasi 2018

Aktifitas Puslitbangbun Highlight

AKTIVITAS PUSLITBANGBUN – Keberhasilan Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan), KEMENTAN dalam menjalankan visi dan misi serta tugas dan fungsinya tidak lepas dari peran peneliti, teknisi dan tenaga administrasi. “ Menjadi lembaga penelitian terkemuka penghasil teknologi dan inovasi pertanian modern untuk mewujudkan kedaulatan pangan dan kesejahteraan petani” sebagai misi institusi ini perlu didukung dengan sumber daya manusia (SDM) yang handal.

Pembekalan dan orientasi bagi Calon Pegawai Negeri Sipil ( CPNS) Balitbangtan formasi 2018 telah dilaksanakan di Auditorium Dr. Ismunadji Bogor, pada 11-13 Februari 2019. Berbagai materi dari sejumlah nara sumber yang berkompeten telah dipaparkan, termasuk profil Puslitbang Perkebunan dalam rangka memperkenalkan lembaga-lembaga yang ada dibawah lingkup Balitbangtan dan Puslitbangbun, keterkaitan antar lembaga dan tugas fungsinya. Materi tersebut dipaparkan oleh Kepala Bidang Kerja Sama dan Pendayagunaan Hasil Penelitian (KSPHP) Puslitbangbun Ir. Jelfina C. Alouw, M.Sc., Ph.D.

Hasil-hasil penelitian unggulan yang dihasilkan oleh Puslitbangbun antara lain : (1) Varietas unggul baru tanaman rempah, obat, palma, pemanis, serat, dan industri, (2) Komponen teknologi budidaya, (3) Pestisida nabati, (4) Bioindustri, (5) dan bioenergi hasil pengembangan dari kemiri sunan, aren, bunga matahari, jarak pagar, kelapa, kemiri sunan, kemalakian, nyamplung, sagu, jarak kepyar, dan wijen, ujarnya.

Puslitbangbun juga memberikan jasa layanan kepada stakeholder seperti : benih tanaman perkebunan, pupuk organik, pestisida nabati, jasa bimbingan teknis, pengawalan penerapan teknologi perkebunan, pengembangan perkebunan, perekayasaan alat dan mesin perkebunan, dan konsultasi agribisnis. Sedangkan capaian terbaru teknologi yang dihasilkan Puslitbangbun yaitu : Tebu Varietas AAS Agribun, AMS Agribun, ASA Agribun, dan CMG Agribun dengan rendemen dan produktivitas di atas rata-rata nasional.

Jelfina mengingatkan untuk berdedikasi yang tinggi dalam pekerjaan, menekuni dan menyayangi apa yang dikerjakan serta berkreasi. Kreativitas dengan memanfaatkan sarana dan prasarana yang ada, tanpa menunggu fasilitas yang lengkap dan serba tersedia di instansi yang dituju merupakan salah satu modal sukses. Menjaga komunikasi yang baik dengan para senior dan menciptakan networking yang luas sesuai bidang tugas masing-masing serta memperlengkapi diri dengan meng-update ilmu pengetahuan dan keahlian dari berbagai sumber yang terpercaya dan akurat.

Selamat bergabung di keluarga besar Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, mari bergerak dan bekerja bersama untuk petani, masyarakat dan bangsa, ucapnya mengakhiri paparannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *