Teknik Persilangan Buatan, Lada Budidaya dengan Lada Liar

Artikel Lada Berita Perkebunan

BERITA PERKEBUNAN – Proses persilangan tanaman lada ini banyak membutuhkan ketelitian dan pengetahuan akan karakteristi tanamanĀ  dan bunga. Hal ini agar tidak tejadi kegagan dalam melakukan hibrdisasi. Tujuh kombinasi persilangan antar lada budidaya dengan lada liar P. colubrinum diperoleh buah/biji lada hibrida F1 berkisar antara 10 – 200 biji, berumur antar 2-14 bulan.

Tanaman lada hibrida yang telah dihasilkan diperbanyak dengan cara setek satu ruas. Tanaman lada hibrida akan diteliti lebih lanjut tingkat ketahanannya terhadap penyakit busuk pangkal batang dan sifat agronomi penting lainnya.

Gambar. a) Malai (tandan) lada yang telah mekar 3/4 bagianya dan siap dilakukan persilangan, b) melakukan kastrasi membuang kotak sari dengan menggunakan jarum suntik, c) penyerbukan menggunakan kuas, d) pelabelan tandan yang sudah disilangkan, e) buah lada hasil persilangan umur 4 bulan, f) bunga P. colubrinum siap diambil tepun sarinya g) mengumpulkan tepung sari colubrinum menggnakan botol, h) tepun sari colubrinum dalam botol, i) buah lada siap panen, j) buah hasil panen per kombinasi pesilangan, k) biji lada sesudah dikupas siap disemai, dan l) media penyemaian komopit, m) kecambah biji lada hasil persilangan, n) benih lada hasil persilangan dalam polibeg.

Selengkapnya download full text : perkebunan_WartaVol22No3-2016.pdf

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *