Teknik Perbenihan Jahe Sehat Dalam Polibeg Menggunakan Sungkup Plastik

Artikel Jahe

INFO PERKEBUNAN – Di Indonesia, teknik atau cara bercocok tanam dan budi-daya jahe dengan menggunakan plastik yang dinamakan plastik sungkup ini masih jarang ditemukan. Budidaya dengan menggunakan sungkup plastik umumnya dilakukan di lahan bedengan yang lebih dikenal dengan terowongan plastik pada lahan pembibitan atau awal penanaman tanaman. Manfaat pengguna plastik sungkup secara umum (1) menurunkan suhu, (2) meningkatkan pertumbuhan tanaman, dan (3) mengurangi hama.

Persyaratan penting yang perlu dipenuhi oleh setiap Penangkar/Petugas Benih/Petani jika hasil rimpangnya akan dijadikan benih di antaranya sebagai berikut : Varietas jelas; benih berasal dari kebun (bukan dari Pasar jahe konsumsi); Benih dipanen dari tanaman yang sudah tua (berumur 9 – 10 tahun); Rimpang yang akan digunakan untuk benih harus bebas dari OPT.

Persiapan benih yang akan ditanam sesuai dengan kriteria benih sehat, yang diberi perlakuan menggunakan bakterisida atau fungisida sebelum tanam.

Media tanam di lapangan dapat dilakukan dengan membuat bedengan agar permukaan areal tanam tidak tergenang air saat hujan. Media tanam dalam polibeg berukuran 60 x 60 cm x 60 cm, dengan perbandingan 2 : 1: 1 (tanah : pukan : pasir).

Cara memasang plastik sungkup dapat menggunakan bingkai/rangka berupa kayu, kawat, atau sejenisnya yang mampu menyangga kantung plastik transparan yang akan menjaga kelembapan di dalam polibeg/bedeng.

Hasil pembenihan dengan menggunakan sungkup plastik dapat menghambat pertumbuhan hama dan penyakit utama. Disamping itu dengan teknik sungkup plastik, juga dapat menghemat pemeliharaan dalam penyiraman dan pembersihan gulma. Penyiraman dilakukan hanya pada saat sebelum tanam dan sampai umur 6 bulan, dan pembersihan gulma hanya 1 kali saat umur 4 bulan bersamaan dengan pemupukan. Secara ekonomi akan menguntungkan petani melalui penghematan pada biaya pemeliharaan dan pengendalian OPT, bahkan akan meningkatkan produksi.

Download fulltext : Info Tekbun 10 (12) 2018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *