Tambi 1 dan Tambi 2, Varietas Unggul Baru Tanaman Teh Indonesia

Artikel Teh Berita Perkebunan Highlight

VARIETAS UNGGUL PERKEBUNAN – Sidang pelepasan varietas yang diketuai oleh Direktur Perbenihan Tanaman Perkebunan Ir. H. Muhammad Anas, M.Si., menyatakan Teh Tambi 1 dan Tambi 2 lulus sebagai varietas unggul baru (VUB) tanaman teh Indonesia (2/11/2017). Pertama kali dalam sejarah sidang pelepasan varietas tanaman perkebunan dinyatakan dan disetujui lulus tanpa ada catatan.

Usulan ini merupakan hasil dari serangkaian proses panjang dan kerja keras (4 tahun) Tim peneliti Balittri yang dipimpin oleh Dr. Budi Martono, M.Si., bersama-sama dengan jajaran dari PT Tambi dan staf Dinas Tanaman Pangan, Pertanian, dan Perikanan Kabupaten Wonosobo, dalam mengidentifikasi dan mengevaluasi sifat-sifat unggul teh Tambi 1 dan Tambi 2.

Pada acara sidang pelepasan varietas disajikan pula seduhan teh Tambi 1 dan Tambi 2 kepada Tim Penilai dan Pelepas Varietas (TP2V) dan mendapat apresiasi yang positif atas mutu cita rasa yang dikandungnya. Dr. Surip Mawardi, salah satu tim evaluator, bahkan mengklaim bahwa cita rasa Teh Tambi 1 dan Tambi 2, di atas rata-rata, sehingga harganyapun bisa menjadi harga premium.

Teh Tambi 1 dan 2 berasal dari daerah perkebunan teh Tambi. Bentuk batangnya silindris dengan permukaan yang halus, teh kering adaptif di dataran tinggi. Teh Tambi 1 dengan potensi hasil 2201,70 kg/ha/th teh kering, sedangkan Tambi 2 sebesar 3289,40 kg/ha/th teh kering. Kedua varietas ini agak tahan terhadap hama elopeltis antonii, empoasca sp., dan tungau serta penyakit cacar daun serta adaptif di dataran tinggi. Teh Tambi 2 pertumbuhan tunas setelah pangkas lebih cepat dibandingkan Teh Tambi 1.

Kedua varietas unggul baru ini menjadi harapan untuk memajukan teh Indonesia, sehingga bisa bersaing dalam perniagaan teh global.

Sumber: Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *