Taman Biofarmaka ramaikan HPS 36 Boyolali

Berita Perkebunan

AKTIVITAS PUSLITBANGBUN – Pada gelaran Hari Pangan Sedunia ke-36 kali ini Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro), Puslitbang Perkebunan memberikan sumbangsih beberapa tanaman rempah dan obat dalam taman biofarmaka. Perhelatan tahunan ini diadakan di Boyolali, Jawa Tengah dan dibuka secara resmi oleh Menteri Pertanian “Amran Sulaiman” pada tanggal 28 – 30 Oktober 2016.

Sebagaimana biasa tanaman-tanaman tersebut sering kali dijumpai di sekitar lingkungan kita, dengan pameran tersebut masyarakat dapat mengetahui dan memanfaatkannya sebagai tanaman obat serta memanfaatkannya sebagai hiasan rumah yang memberikan fungsi lainnya selain sebagai obat.

Masyarakat sangat antusias dengan adanya taman biofarmaka Balittro ini, selain berbeda dari stand taman yang lain juga lebih indah seperti taman bunga dan bermain. Banyak yang memanfaatkannya untuk ber-selfie ria disamping tanaman obat yang berbunga warna-warni selain bertanya akan masing-masing manfaat serta tata cara menanam dan budidayanya.

Pada saat pameran tersebut juga memberikan buku, buletin dan leaflet gratis serta minuman segar yang terbuat dari rempah untuk bisa dinikmati oleh umum. Adanya minuman tersebut memberikan kesegaran tersendiri di tengah asyiknya ber-selfie diantara tanaman-tanaman yang telah ditata sedemikian rupa.

Sumber : Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *