Sumberdaya Genetik Sagu Mendukung Pengembangan Sagu di Indonesia

Artikel Sagu Berita Perkebunan

BERITA PERKEBUNAN – Sagu (Metroxylon sagu, Rottb) merupakan salah satu sumber pangan dan energi yang sangat potensial. Luas areal tanaman sagu di dunia + 2 juta hektar, dan sekitar 60% areal sagu dunia adalah Indonesia, 90% diantaranya tersebar di Papua dan Papua Barat. Direktorat Jenderal Perkebunan melaporkan bahwa luas areal sagu di Indonesia tahun 2011 diperkirakan mencapai 100.616 ha, yaitu sagu budidaya/semibudidaya.

Penyebaran tanaman sagu di Indonesia terutama di daerah Papua, Papua Barat, Maluku, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, Jambi, Sumatera Barat (Mentawai), dan Riau.

Berdasarkan hasil penelitian yang terkait dengan keragaman sagu, diduga tanaman sagu berasal dari Papua. Balai Penelitian Tanaman Palma Manado telah melakukan eksplorasi dan pengumpulan plasma nutfah sagu sejak awal tahun 1990, dan sampai tahun 2012 telah dikoleksi dan dikonservasi sebanyak 20 aksesi sagu yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Beberapa jenis sagu yang dapat direkomendasikan sebagai bahan tanaman sagu unggul adalah sagu Molat dan Tuni asal Maluku, sagu Osoghulu, Ebesung dan Yebha asal Papua, sagu Roe asal Sulawesi Tenggara dan sagu Meranti asal Riau. Percepatan pelepasan varietas sagu dan penggunaan anakan sagu unggul adalah strategi dalam pengembangan sagu di Indonesia. (Hengky Novarianto/Balit Palma Manado)

Sumber : Buku “Penguatan Inovasi Teknologi Mendukung Kemandirian Usahatani Perkebunan Rakyat”.

Info terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *