Sumber Daya Manusia Berkualitas Jadi Prioritas Balitbangtan dalam Mengisi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74

Aktifitas Puslitbangbun Highlight

AKTIVITAS PUSLITBANGBUN – Sumber daya manusia (SDM) yang unggul dan semangat Indonesia untuk terus maju, menjadi tema dalam ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia ke-74. Dengan menciptakan SDM yang berkualitas kita optimis Indonesia dapat maju untuk bersaing dengan negara lain diseluruh dunia. Demikian disampaikan oleh Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan Dr. Atien Priyanti pada sambutannya sebagai Pembina upacara, mewakili Kepala Badan Litbang Pertanian dalam upacara memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia yang dilaksanakan oleh Unit Kerja lingkup Balitbangtan di Lapangan BB-Biogen Cimanggu Bogor pada sabtu (17/8/19).

Dihadiri para pejabat eselon II, III dan IV, Profesor Riset, peneliti dan seluruh staf lingkup Balitbangtan, Atien menyampaikan bahwa Badan Litbang Pertanian saat ini juga tengah memprioritaskan pengembangan SDM yang berkualitas untuk menciptakan inovasi baru di bidang pertanian demi terwujudnya Indonesia maju sesuai amanah dari Presiden Republik Indonesia Ir. H. Jokowi Widodo.

Adapun yang dimaksud SDM unggul dan berkualitas ialah memiliki karakter kuat dengan berlandaskan Pancasila, karakter tersebut haruslah memiliki sifat jujur, disiplin, bekerja keras, cepat, responsif, inovatif dan tentunya penuh dengan semangat untuk terus mau berkembang menjadi lebih baik.

Lebih  lanjut Atien dalam amanatnya mengatakan bahwa pemerintah terus memberikan fasilitas, dukungan sarana dan prasarana di dalam melaksanakan kegiatan penelitian dan pembangunan pertanian sebagai bentuk kontribusi terhadap percepatan pembangunan Indonesia. Sumberdaya manusia Indonesia harus unggul, sehingga dapat bersaing secara global terlebih saat ini kita bersama sudah memasuki era industri 4.0. Peningkatan kualitas SDM tersebut dapat ditempuh bersama-sama untuk menjalankan kemajuan teknologi seiring dengan kemajuan industri 4.0.

Diawali dengan pengumuman para pemenang lomba yang diselenggarakan oleh Badan Litbang Pertanian sebelumnya, membuat upacara peringatan hari kemerdekaan ke-74 ini berjalan dengan penuh semangat. Lomba yang diselenggarakan antara lain kompetisi dalam bidang seni dan olahraga. Adapun yang keluar sebagai juara umum dan berhak atas piala bergilir Balitbangtan ialah Balai Besar Litbang Sumberdaya Lahan Pertanian (BBSDLP) karena berhasil memperoleh kemenangan pada sebagian besar lomba yang diselenggarakan.

Harapan untuk terus semangat berinovasi dan meningkatkan kualitas Organisasi jadi tujuan Badan Litbang Pertanian sebagai upaya mendukung kesejahteraan masyarakat khususnya Petani di Republik Indonesia Tercinta ini.

Jayalah terus pertanian Indonesia!

By. Anjas/Bursa

Foto: @bursatriannyo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *