SBD Hebat Dapat Terwujud Melalui Dukungan Teknologi Balitbangtan Dalam Pengembangan Komoditas Perkebunan

Aktifitas Puslitbangbun Highlight

AKTIVITAS PUSLITBANGBUN – Perhatian pemerintah terhadap Indonesia timur sangat serius terutama dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Salah satu sektor potensial yang akan dikembangkan adalah komoditas perkebunan. Untuk itu diperlukan langkah kHusus dalam pengembanganya dalam upaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Wakil Bupati Sumba Barat Daya (SBD), Nusa Tenggara Timur didampingi jajaranya berkunjung ke Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan (Puslitbangbun) pada Selasa 6 Agustus 2019 dalam rangka mendapatkan informasi lebih detail terkait tugas dan fungsi Puslitbangbun serta teknologi perkebunan. Wakil Bupati dan tim terkesima dengan teknologi yang telah dihasilkan oleh empat UPT lingkup Puslitbangbun dan mengharapkan bimbingan teknologi dan pendampingan terhadap pengembangan kawasan kopi dan cengkeh serta kelapa yang akan di integrasikan dengan sereh di SBD. Lebih lanjut, Bupati menyampaikan, bahwa kegiatan akan di awali dengan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Puslitbangbun dan Pemerintah Daerah SBD. Hal itu penting dalam rangka menjaga kesinambungan pendampingan teknologi perkebunan ke depan.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Pusat Penelitian dan Pengembagan Perkebunan, Ir. Syafaruddin, PhD yang di dampingi oleh Kabid KSPHP Ir. Jelfina C Alouw, M. Sc., PhD, menyambut antusias keinginan Pemda SBD untuk menjalin Kerja Sama dengan Puslitbangbun untuk pengembagan komoditas perkebunan. Kapus berharap langkah tersebut sangat strategis dalam upaya mendiseminasikan teknologi perkebunan yang telah di hasilkan Puslit melalui Balai Balai Penelitian yang ada, sekaligus mendorong kemajuan daerah di sektor perkebunan.

Teknologi yang akan diberikan Puslitbangbun melalui kegiatan bimbingan dan pendampingan dari para peneliti dan teknisi nanti diharapkan akan memicu peningkatan produksi dan produktivitas di SBD dengan dukungan penuh Pemda dan Kerja Sama yang akan di jalin. Lebih kongrit, Kapus berharap upaya realisasi pengguliran program tersebut harus melalui MoU dan Perjanjian Kerja Sama agar terencana dan terukur programya.

Sebelum sesi diskusi, Kepala Bidang Kerja Sama dan Pendayagunaan Hasil Penelitian (KSPHP), memaparkan profil Puslitbang Perkebunan terutama terkait Struktur Organisasi, jumlah Sumber Daya Manusia (SDM), hasil-hasil penelitian dan jenis jasa layanan yang dimiliki.

Kegiatan dilanjutkan dengan diskusi terkait rencana program pengembangan komoditas perkebunan yang berbasis pariwisata di SBD. Pada penghujung pertemuan wakil Bupati, berharap segera terwujud Kerja Sama dengan Puslitbang Perkebunan untuk kemajuan dan kesejahteraan Kabupaten SBD di masa mendatang. (Sae)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *