Substitusi Virgin Coconut Oil (VCO) pada Pengolahan Es Krim dan Emulsion Rasa Buah

Artikel Kelapa Berita Perkebunan

BERITA PERKEBUNAN – Minyak kelapa/VCO yang sering disebut minyak laurat kelapa, kaya asam lemak rantai medium dan tergolong asam lemak jenuh, sehingga menjadikan minyak ini lebih aman terhadap reaksi oksidasi serta pembentukan trans fats.  Minyak laurat kelapa sebagian besar mengandung asam lemak rantai pendek dan rantai medium  tinggi, terutama asam laurat (C12) sekitar 48 – 55% sehingga tubuh akan membakar terlebih dahulu asam lemak tersebut se-bagai  sumber energi.

Food and Drug Administration-FDA, telah memasukkan minyak kelapa/VCO  dalam daftar makanan yang dianggap aman, tetapi sebagian besar konsumen masih tidak suka untuk mengkonsumsi produk tersebut karena tidak menyukai aroma khas dari minyak kelapa.  Oleh karena itu diperlukan upaya menggantikan sebagian atau seluruh komponen lemak dalam pengolahan produk pangan produk farmasi dengan minyak kelapa/VCO sehingga manfaatnya untuk kesehatan tetap dinikmati konsumen.

Pengolahan es krim dengan memanfaatkan VCO sebagai sumber lemak, telah menghasilkan formula  es krim-VCO  kadar lemak  16,19% (mengandung asam laurat 18.05%). Se-dangkan VCO-Emulsion rasa nanas  kadar lemak 26,50% (mengandung asam laurat 46,14%).

Selengkapnya Download full text: perkebunan_WartaVol22No3-2016.pdf

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *