Strategi dan Implementasi Pengembangan Produk Kelapa Masa Depan

Berita Perkebunan

BERITA PERKEBUNAN – Sesuai permasalahan, alternatif solusi, dan isu-isu perkelapaan nasional, serta  faktor-faktor penentu pengembangan, maka untuk keberhasilan pengem-bangan produk kelapa masa depan diperlukan strategi pengembangan yang dapat diimplementasikan. Strategi pengembangan terdiri atas arah, tujuan, sasaran, prioritas, dan tahap pengembangan. Implementasinya meliputi optimalisasi usaha tani, pengembangan dan pemasaran produk.

Pengembangan produk yang dapat dilaksanakan secara massal pada tingkat kelompok tani dan industri pada pasar lokal/domestik antara lain produk buah kelapa muda, koktail kelapa, selai kelapa, suplemen makanan bayi, minuman ringan, nata de coco, kecap air kelapa, tepung ampas kelapa, minyak kelapa murni, arang tempurung, arang briket, asap cair tempurung, kayu kelapa, dan pupuk organik limbah kelapa. Sedangkan produk yang diekspor antara lain kopra, kopra putih, minyak kelapa kasar, bungkil, kelapa parut kering, dan arang aktif.

(\Abner Lay dan  Patrik M. Pasang, Balai Penelitian Tanaman Palma)

Sumber : Perspektif Puslitbang Perkebunan Vol. 11 No. 1, 2012

Selengkapnya: Klik disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *