Stomphasis thraustica: Pengorok Daun Jarak Pagar

Artikel Jarak Pagar Berita Perkebunan Inovasi Jarak Inovasi Teknologi

INFO PERKEBUNAN – Tanaman jarak pagar telah dikenal sebagai tanaman yang memiliki sifat racun terhadap serangga, moluska, cendawan, nematoda, ikan, aves, dan mamalia termasuk juga manusia yang disebabkan oleh kandungan kursin dan ester-ester diterpen. Tidak mengherankan apabila pada masa awal pengembangan jarak pagar secara intensif, menimbulkan perkiraan yang spekulatif sifatnya bahwa tanaman ini hanya diserang oleh sedikit hama bahkan tahan serangan hama.

Hanya dalam waktu kurang dari lima tahun dibudidayakan dengan intensif, perkiraan ini terbantahkan. Terbukti bahwa beberapa jenis hama mampu menyerang dan menimbulkan kerusakan yang sangat berarti. Salah satu jenis hama yang cukup merusak tanaman ini adalah ulat pengorok daun Stomphastis thraustica.

Ulat hama ini merupakan jaringan yang berada di antara lapisan epidermis bawah dan atas daun, sehingga daun terserang akan terliat transparan. Pada serangan awal, lubang korokan ini kecil dan selanjutnya akan membesar seiring dengan bertambahnya umur dan ukuran ulat. Beberapa ekor pengorok sering sekali berada pada daun yang sama sehingga beberapa lubang korokan tersebut akan menyatu dan memperparah kerusakan. (Nur Asbani/Peneliti Balittas)

Selengkapnya Download Full Text: perkebunan_Infotek5_7_2013-3.pdf

Sumber: Info Teknologi Perkebunan Volume 5 Nomor 7, 2013

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *