Status Pemuliaan Tanaman Kelapa dalam Penyediaan Benih Unggul di Indonesia

Inovasi Kelapa Inovasi Teknologi

INFO TEKNOLOGI – Tanaman kelapa merupakan tanaman yang sangat bermanfaat bagi manusia dan tersebar di seluruh propinsi di Indonesia dengan banyak aksesi sehingga keragaman genetik tinggi. Hal tersebut menyebabkan produktivitas kelapa secara nasional masih rendah yaitu sekitar 1 ton kopra/ha/tahun.

Pemerintah melalui Balitka yang sekarang telah berganti nama menjadi Balit Palma telah melakukan penelitian dan mendapatkan varietas kelapa unggul yang potensi produktivitas berkisar 2,5 – 3,5 ton kopra/ha/tahun.

Varietas Kelapa Unggul yang telah dilepas adalah Kelapa Dalam, Kelapa Genjah, Kelapa Hibrida, dan Kelapa Kopyor. Varietas Kelapa Unggul sebagian besar merupakan hasil seleksi dari eksplorasi aksesi-aksesi kelapa yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia yang telah ditanam di dalam kebun percobaan maupun areal Blok Penghasil Tinggi (BPT). Pengadaan benih kelapa unggul yang diperlukan oleh para petani atau perusahaan perkebunan kelapa dapat diambil dari kebun percobaan maupun area BPT.

Pengadaan benih kelapa kopyor telah dilakukan dengan memanfaatkan teknik bioteknologi yaitu kultur jaringan, karena bibit kelapa kopyor sangat sulit bahkan tidak mungkin diusahakan dengan cara konvensional. Teknik kultur jaringan dengan menggunakan metode penyelamatan embrio pada kelapa kopyor telah berhasil menghasilkan tanaman kelapa kopyor. Pada saat ini tanaman kelapa kopyor yang berasal dari kultur jaringan telah ditanam di kebun percobaan Balit Palma dan telah menghasilkan buah kelapa kopyor sekitar 90 persen per tandan.

Selengkapnya download full text: N-4-Kelapa-Budi-San-Palma.pdf

Link terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *