Stand Minuman Kesehatan Kunyit Sirih Ramaikan Kunjungan Bupati Bogor ke TTP Cigombong

Aktifitas Puslitbangbun

AKTIVITAS PUSLITBANGBUN – Bupati Bogor Hj. Nurhayanti, SH, MM, M.Si., mengawali kegiatan Rebo Keliling (Boling)-nya ke lokasi Taman Teknologi Pertanian (TTP) di Cigombong, Bogor (30/03/16). Bupati Bogor diterima oleh Kepala Balai Pengelola Alih Teknologi Pertanian (BPATP), Badan Litbang Pertanian, Prof. Dr. Erizal Jamal yang dihadiri oleh pejabat struktural Kabupaten Bogor, Camat Kades, Danramil dan Kepala Desa, Kapolsek Cigombong.

Dalam rangka kegiatan kunjungan tersebut, dibuka juga stand pameran yang menampilkan hasil produk dari TTP Cigombong antara lain telur ayam KUB, Kefir susu kambing, cabai merah, serta aneka produk olahan seperti pasta saos bubuk cabe, saos cabai dan lain-lain. Tak ketinggalan Bupati Bogor beserta para tamu dan undangan mencicipi suguhan minuman kesehatan kunyit sirih dan secang secara langsung.

Bupati Bogor dalam sambutannya menyampaikan bahwa Cigombong sebagai Kecamatan dengan rangking ke- 19 dari rata-rata indek pembangunan manusia. Mudah-mudahan dengan adanya TTP Cigombong ini dapat meningkatkan kesejahteraan, taraf hidup, dan ekonomi masyarakat sesuai dengan motonya yaitu “Petani Hebat Petani Sejahtera”. Beliau berharap program ini jangan sampai putus di tengah jalan. Program yang sudah digulirkan bisa kita manfaatkan dalam upaya meningkatkan pertanian disini, pesannya.

Sebelumnya Kepala BPATP mengatakan “TTP ini adalah rumah  petani, rumah kita bersama, diharapkan pengembangan TTP akan menjangkau semua daerah di Kabupaten Bogor, berharap masyarakat Cigombong memiliki kehidupan yang lebih baik dari sebelumnya dan dapat mengambil manfaat dari adanya TTP yang ada di gombong ini”.

Selanjutnya Bupati Bogor berkunjung ke stand pameran yang menyuguhi minuman kesehatan kunyit sirih dan secang hasil buatan Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro), Badan Litbang Pertanian. Bupati Bogor menikmati minuman kunyit sirih yang berkhasiat menghaluskan dan mencerahkan kulit, membersihkan daerah kewanitaan, dan daya tahan tubuh.

Sebagai informasi bahwa dengan mengkonsumsi air kunyit dapat membantu proses detoksifikasi di dalam tubuh, karena kunyit memiliki kemampuan untuk mengeluarkan racun di dalam tubuh, sehingga tubuh akan lebih sehat. Sedangkan air sirihnya bermanfaat sebagai antiseptik, untuk mengatasi masalah keputihan dan kesehatan mulut. Sirih juga memiliki kandungan antikanker, antidiabetik dan pengobat hepatitis. (/Efiana/Balittro)

Foto: “Rumah  Petani” di TTP Cigombong (kiri), Bupati Bogor, Kepala BPATP, Danramil, dan pejabat lainnya dalam kegiatan pembuatan lubang resapan biopori dalam rangka Boling Bupati Bogor di TTP Cigombong (Kanan).

Foto: Bupati Bogor menikmati minuman kunyit sirih pada stand pameran minuman kesehatan kunyit sirih dan secang hasil buatan Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro), Badan Litbang Pertanian.

Foto: Info guide sedang memberikan penjelasan kepada para pengunjung stand pameran dan lokasi inovasi lahan pekarangan di TTP Cigombong, Bogor.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *