Ssssttt……Begini Curhat Mahasiswa Soal PKL di Balittri

Aktifitas Puslitbangbun

AKTIVITAS PERKEBUNAN – “Awalnya deg-degan, selanjutnya sungguh berkesan” kata Euis Nur Hikmah bercerita tentang pengalamannnya melaksanakan kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri). Meskipun mulanya belum mengetahui banyak mengenai Balittri, Namun selama 3 bulan lamanya menjalankan PKL, mahasiswi ini menjadi tahu banyak hal. Mulai dari ilmu pertanian hingga ilmu persaudaraan.

Dua orang mahasiswa Diploma Institut Pertanian Bogor (IPB), Euis Nur Hikmah dan Fitri Setiawati, melaksanakan kegiatan PKL guna memenuhi syarat menyelesaikan kuliah. “Dimulai dari pertemuan kami dengan Staff TU , Diah Ayu R S.IP., MM. yang memberikan arahan dengan ramah dan ke-ibu-an. Kemudian dikenalkan pada pembimbing kami, Dr. Ir. Samsuddin, M.Si. . Ada rasa deg-degan, tapi ternyata beliau sangat perhatian dan memberikan arahan apa saja yang akan kami kerjakan, khususnya di Kebun Percobaan. Balittri terlalu banyak orang baiknya” lanjutnya.

Euis berkata, banyak yang ia pelajari selama melakukan PKL di Balittri seperti proses perkembangbiakkan tanaman kopi melalui metode stek berakar. Hal senada juga disampaikan Fitri, bahwa dirinya sangat senang dapat diberi kesempatan mempelajari metode “Grafting” atau sambung pucuk pada tanaman kakao. Selain itu, kami pun belajar mengenai kebun entrees, penstekkan hingga penanaman. Mereka juga merasakan kebersamaan dan kekompakan yang dibangun, sehingga sesulit apapun pekerjaan bila dikerjakan dengan gotong royong akan terasa ringan.

Sumber: Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *