Sosialisasi Tentang Pengenalan Varietas Tanaman Perkebunan

Berita Perkebunan Highlight

BERITA PERKEBUNAN – Sosialisasi Pengenalan Varietas Tanaman Perkebunan telah dilaksanakan oleh Dinas Perkebunan Daerah Provinsi Sulawesi Utara pada hari Kamis, 30 Nopember 2017 bertempat di hotel Grand Kawanua Manado. Dihadiri oleh sekitar 30 orang tenaga teknis dan pengawas benih perkebunan lingkup Kabupaten-Kabupaten di Provinsi Sulawesi Utara. Acara dibuka oleh Kadis Perkebunan Sulawesi Utara, Ir.Refly Ngantung, dihadiri pula kepala Balai Pengawas Benih Perkebunan Sulut, beserta staf teknis lainnya.

Nara sumber untuk acara sosialisasi ini antara lain: Direktorat Perbenihan, Ditjenbun, BBP2TP Surabaya. Dari Balittro Bogor diwakili ibu Dr.Ir. Nurliani Bermawie menyampaikan “Pengenalan Varietas cengkeh dan pala serta pembangunan kebun induk cengkeh dan pala”. Dari Balai Penelitian Tanaman Palma diwakili oleh Prof.Dr. Hengky Novarianto yang menyampaikan “Teknologi berbagai varietas kelapa unggul” seperti kelapa Dalam, Genjah dan Hibrida.

Benih unggul lokal juga disiapkan dari hasil evaluasi, seleksi dan penetapan BPT dan PIT setelah disertifikasi. Pada kesempatan tersebut juga disampaikan strategi jangka pendek dan jangka panjang dalam rangka menyiapkan benih kelapa unggul.

Balit Palma juga mensosialisasi hasil seleksi varietas kelapa batang pendek untuk produksi gula kelapa. Selain varietas kelapa unggul untuk produksi buah dan nira, disampaikan juga kelapa elit seperti kelapa Kopyor, Aromatic, Kenari dan kelapa Ijo. Kerjasama antar petani kelapa dengan pengusaha/industri kelapa dan difasilitasi pemerintah diharapkan semua pelaku usaha akan sejahtera, usaha kelapa berkelanjutan dan kelapa Indonesia makin jaya.

Sumber : Balai Penelitian Tanaman Palma

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *