Sosialiasi dan Pelatihan BPP Model Kostratani di Ciater, Subang

Aktifitas Puslitbangbun Highlight

Ciater, Subang (12/08/2020), Kostratani merupakan pusat kegiatan pembangunan pertanian tingkat Kecamatan, yang merupakan optimalisasi tugas, fungsi dan peran Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) dalam mewujudkan kedaulatan pangan Nasional.

Tujuan jangka panjang Kostratani adalah mengoptimalkan Tugas, Fungsi dan Peran BPP (Balai Penyuluhan Pertanian) sebagai Pusat pembangunan Pertanian tingkat Kecamatan dalam Mewujudkan Kedaulatan Pangan Nasional. Selanjutnya tujuan jangka pendek kostratani adalah pemenuhan sarana, prasarana, kelembagaan, kapasitas SDM Pertanian dan penyelenggaraan pembangunan pertanian di Kecamatan berbasis teknologi informasi.

Usai koordinasi dengan Dinas Pertanian (11/08/2020) Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan Ir. Syafaruddin, Ph.D., beserta Kepala Bidang KSPHP dan Kepala Sub Bidang Kerja Sama melanjutkan kegiatan sosialisasi dan pelatihan BPP Ciater Model Kostratani (12/08/2020) yang dihadiri peserta sebanyak 25 orang dari unsur Kepala Dinas Pertanian, Camat, Danramil, Kapolsek, Babinsa, Kepala Desa, penyuluh, ketua kelompok tani dan petani. Materi yang disampaikan terkait kebijakan dan program Kostratani, pemanfaatan informasi teknologi (IT) sebagai media komunikasi dan penyuluhan, dan langkah-langkah pelaporan Kostratani berbasis online dan terhubung dengan Argriculture War Room (AWR) Kementerian Pertanian.

Sebelum kegiatan dimulai, acara diawali dengan sambutan Camat Ciater Cucu Wahyu, S.Pd, S.IP,. M.Si selaku penanggungjawab kegiatan kostratani Kecamatan Ciater. Dalam sambutannya, Camat Ciater menekankan pentingnya Kostratani dalam memacu pertumbuhan sektor pertanian terutama dalam peningkatan pendapatan petani melalui diseminasi teknologi pertanian melalui penyuluhan yang berbasis informasi dan teknologi (IT). Camat, juga berharap sinergi antara kostratani dengan Puslitbang Perkebunan akan menjadi energi baru dalam melakukan kegiatan-kegiatan penyuluhan di Kecamatan Ciater.

Senada dengan harapan Camat, Kepala Puslitbang Perkebunan akan melaksanakan mandat pendampinan Kostratani secara maksimal dengan memaksimalkan sumberdaya yang ada dalam rangka menyukseskan Kostratani untuk penyediaan pangan bagi 267 juta jiwa, kesejahteraan petani melaui peningkatan produktivitas, kualitas dan kontinuitas serta mendongkrak ekspor.

Dalam sambutan sekaligus pembukaan, Kepala Puslitbang Perkebunan menekankan pentingnya Kostratani dalam mempercepat kemajuan, kemandirian dan modernisasi pembangunan pertanian. Untuk itu, seluruh pihak terutama Dinas Pertanian Tingkat Provinsi, Kabupaten hinga kecamatan (BPP) harus menyambut dan melaksanakan kegiatan kostratani secara serius dan bekerja keras dalam memaksimalkan sumberdaya yang dimiliki terutama IT dan tenaga penyuluh, tegasnya.

Usai sambutan, acara dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Kepala Puslitbang Perkebunan terkait kebijakan Kostratani. Kemudian pemaparan terkait pemanfaatan aplikasi teknologi komunikasi oleh Kabid KSPHP Dr. Tedy Dirhamsyah serta teknik dan langkah-langkah pelaporan kostratani terkoneksi dengan Agriculture War Room (AWR). Peserta mengikuti dengan penuh antusias dan semangat.

Pada kesempatan terpisah salah satu penyuluh menyatakan memiliki komitmen untuk mendukung dan mensukseskan kegiatan kostratani terutama dalam input data komoditas dan perkembanganya dalam rangka kemajuan pertanian.


Kepala Puslitbang Perkebunan usai menyampaikan paparan, menyampaikan apresiasi atas komitmen Camat Ciater dalam mendukung kegiatan sosialisasi dan pelatihan. Selanjutnya hasil-hasil yang telah diterima dari kegiatan pelatihan segera ditindaklanjuti dalam bentuk aksi nyata melalui kegiatan-kegiatan kostratani yang telah ditetapkan oleh Kementerian Pertanian, harapnya. (Sae-TIM WEB)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *