Sistem Budidaya Tanaman Aren (Arenga pinnata Merr) terhadap Vigoritas Tanaman dan Regenerasinya Secara Alami

Artikel Palma Berita Perkebunan

BERITA PERKEBUNAN – Aren merupakan tanaman serbaguna yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber bahan pangan dan sumber energi terbarukan, serta tanaman konservasi lahan. Besarnya potensi dan kegunaan tanaman aren, saat ini telah mulai banyak dilakukan budidaya tanaman aren secara intensif maupun semi intensif. Oleh karena itu, dibutuhkan informasi mengenai sistim budidaya seperti apakah yang tepat agar berproduksi secara optimum.

Hingga saat ini aren yang dibudidayakan merupakan aksesi landrace atau wildrace dari habitat aslinya, belum tersedia varietas hasil domestikasi dari proses seleksi yang dilanjutkan persilangan oleh para pemulia. Varietas yang dibudidayakan merupakan hasil seleksi massa positif dalam populasi aren yang dalam kepemilikan masyarakan pengguna dalam hal ini petani aren berdasarkan kebutuhan petani pengguna yaitu nira aren.

Berdasarkan hasil observasi, diduga tanaman aren lebih cocok ditanam dalam kondisi rimbun sebagai bagian dari agroforestri atau secara polikultur dengan beberapa species tanaman lain yang dapat menciptakan ekosistem dengan kondisi iklim mikro seperti habitat aslinya. Kondisi area budidaya yang dirancang agar mendekati habitat asli tanaman aren yang disertai dengan teknologi budidaya semi intensif (pemupukan dan pembersihan) diduga akan mengoptimalkan potensi produksi tanaman aren.

Pengamatan pada koleksi aren menunjukkan bahwa pertumbuhan tanaman aren yang baik sangat dipengaruhi oleh aspek-aspek agronomis. Oleh karena itu masih perlu diteliti upaya pengelolaan tanaman aren dengan memperhatikan aspek-aspek tanah, tanaman, dan lingkungan.

Selengkapnya klik disini

Sumber: Balai Penelitian Tanaman Palma

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *