Si Manis dengan rendemen dan hablur gula yang wow !!

Artikel Tebu Berita Perkebunan Highlight Inovasi Tebu Inovasi Teknologi

BERITA PERKEBUNAN – Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan (Puslitbang Perkebunan), Balitbangtan, Kementan telah melakukan percepatan perakitan varietas unggul baru tebu melalui kombinasi bioteknologi kultur in vitro dan mutagen fisik maupun kimia untuk mendapatkan varietas unggul baru yang toleran terhadap perubahan iklim global dengan produktivitas dan rendemen tinggi.

Pada Bulan November 2017, atas kerjasama para pemulia (Ragapadmi Purnamaningsih, Eka Sugiyarta, Muhamad Syakir, Fadjry Djufry, Ika Mariska, Deden Sukmadjaja) dan peneliti (Yati Supriyati dan Suci Rahayu, Ali Husni, Endang Gati Lestari dan Sri Suhesti, Sri Hutami dan Alfarina Kardiana Sari) maka telah dilepas varietas unggul baru yang adaptif terhadap anomaly iklim, setelah melalui serangkaian seleksi awal, uji daya hasil pendahuluan, uji daya hasil lanjut, dan uji multi lokasi (uji adaptasi). Varietas asalnya berasal dari PS 864 dan Bululawang (BL).

Varietas unggul baru tersebut  yaitu: AAS Agribun, ASA Agribun, AMS Agribun, dan CMG Agribun dengan produktivitas tebu 100 Р>200 ton/ha, rendemen 11 Р13 %, dan hablur gula 10 Р20 ton/ha.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *