Sexava dan Segestes Hama Pemakan Daun Kelapa

Artikel Kelapa Berita Perkebunan

BERITA PERKEBUNAN – Berdasarkan hasil penelitian Prof. Dr. Ir. Meldy L.A. Hosang, M.Si., dan Ir. Jelfina C. Alouw, M.Sc. di Kab. Pulau Morotai, Maluku Utara, ada dua hama tanaman kelapa yang menyerang tanaman kelapa yaitu hama sexava dan segestes. Penelitian dilaksanakan tanggal 25 Maret  1 April 2017 di lahan petani di Desa Darame (Kec. Morotai Selatan) serta Desa Yao dan Bido (Kec. Morotai Utara).

Hama sexava terdiri dari tiga spesies sexava nubila, sexava coriacea dan sexava karnyi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa hanya dua spesies yang merusak buah muda dan merusak daun yang mempengaruhi produksi pada tanaman dewasa (makin tinggi tingkat kerusakan, makin rendah produksi kelapa), yaitu sexava nubila dan sexava coriacea.

Hama segestes berukuran lebih kecil dari Sexava dan mempunyai warna hijau atau coklat,alat peletak telur berwarna kuning dan ujung warnanya hitam, dan betina mempunyai sayap bercak-bercak, sedangkan jantan tidak ada. Hama segestes menyerang tanaman dengan gejala yang sama dengan hama sexava. Serangan segestes decoratus dikategorikan serangan ringan, sedang hingga serangan berat.

Dalam penelitian ini juga dilakukan koleksi nimfa dan imago sebagai materi pengujian efikasi insektisida nabati yang dimasukkan dalam tempat pemeliharaan terpisah.

Sumber: Balai Penelitian Tanaman Palma

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *