Sertifikasi ISPO untuk Pembangunan Industri Kelapa Sawit Berkelanjutan

Aktifitas Puslitbangbun Artikel Kelapa Sawit Berita Perkebunan

AKTIVITAS PUSLITBANGBUN – Indonesian Sustainable Palm Oil System (ISPO) sudah diatur di dalam PERMENTAN No.11 Tahun 2015 untuk meningkatkan daya saing minyak sawit Indonesia di pasar lokal dan global. Sistem sertifikasi kelapa sawit berkelanjutan ini mengatur aspek hukum, ekonomi, lingkungan, dan sosial dalam pengelolaan perkebunan kelapa sawit berkelanjutan.

Sosialisasi ISPO telah diselenggarakan oleh Sekretariat Komisi ISPO, Direktorat Jenderal Perkebunan, KEMENTAN pada Hari Rabu, 24 Januari 2018, di Bandung dan dihadiri oleh BPDP-KS, PT. Perkebunan Nusantara, Sejumlah Kepala Dinas Perkebunan dan Lingkungan Hidup serta Tenaga Kerja Prop. Jawa Barat, Kepala Puslitbang Perkebunan, yang diwakili oleh Kabid KSPHP, akademisi, peneliti, LSM, industri kelapa sawit dan sejumlah nara sumber.

Sejumlah materi disampaikan oleh para nara sumber antara lain Komitmen penerapan ISPO dalam meningkatkan kredibilitas pembangunan kelapa sawit berkelanjutan di Indonesia oleh Kepala Sekretariat ISPO, Azis Hidayat, MM, dan prinsip dan kriteri ISPO Kebun Plasma dan Swadaya oleh Sekretariat Komisi ISPO, Heri Moerdiyono, M.eng.

Dalam forum diskusi dengan para peserta, dikemukakan tantangan yang masih perlu diperjuangkan oleh Indonesia mengingat Uni Eropa dan Negara-negara lain mensyaratkan label RPSO (round table on sustainable Palm oil) terhadap produk-produk berbasis kelapa sawit yang akan diekport ke negara mereka. Melalui sosialisasi ISPO diharapkan adanya komitmen penerapan ISPO di Indonesia yang bertujuan antara lain untuk:

  1. Meningkatkan kesadaran pelaku usaha di bidang kelapa sawit untuk melaksanakan pembangunan perkebunan kelapa sawit berkelanjutan
  2. Meningkatkan kesadaran lingkungan
  3. Meningkatkan daya saing minyak sawit Indonesia di pasar internasional
  4. Mendorong usaha perkebunan agar mentaati peraturan pemerintah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *