Serah Terima Jabatan lingkup Puslitbang Perkebunan

Aktifitas Puslitbangbun

BOGOR, PERKEBUNAN – Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan (Puslitbangbun) melakukan Serah Terima Jabatan (Sertijab) dua pejabat eselon 3 yaitu Kepala Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro) dari Dr.Ir. Agus Wahyudi, MS (saat ini menjabat Direktur Tanaman Semusim dan Rempah, Ditjenbun)  kepada Dr. Ir. Wiratno, Menv.Mgt  (sebelumnya Kepala Balai Penelitian Tanah), dan serah terima Kepala Bidang Program dan Evaluasi Puslitbang Perkebunan dari Andi Nur Alam Syah, STP., MTP (saat ini menjadi Kepala Balai Besar Mekanisasi Pertanian) kepada Dr. Rustam Massinai, STP., M.Sc.

Selain pejabat eselon 3, pada kesempatan tersebut juga dilakukan pisah sambut pejabat eselon 4 yaitu Kepala Sub Bagian Tata Usaha Balittro,  Ir. A. Jauhari Hamidi (saat ini menjadi Kepala Sub Bagian Kepegawaian dan Rumah Tangga Hortikultura),  diganti oleh Ir. Sudarsono (dari PSEKP).

Sertijab dilakukan di Ruang Display Puslitbangbun (21/11/2016) sebagai tindaklanjut dari pelantikan pejabat Struktural lingkup Badan Litbang Pertanian tanggal   11 November 2016. Dalam sertijab tersebut, Kepala Badan Litbang Pertanian Dr. Ir. M. Syakir, MS. berkenan hadir dan memberikan arahannya, serta disaksikan oleh Kepala Puslitbangbun, para pejabat eselon 3 dan 4 serta karyawan Puslitbangbun dan Balittro.

Dalam sambutannya, M. Syakir  mengatakan bahwa pergantian pejabat struktural adalah hal yang biasa di lingkungan Kementerian Pertanian. Yang terpenting adalah tidak mempengaruhi kinerja, malah justru sebaliknya agar pejabat baru berupaya untuk membawa ke arah yang lebih baik.  Diingatkan juga bahwa evaluasi terhadap kinerja pejabat struktural akan dilakukan setiap 6 bulan oleh tim independen (universitas, masyarakat, dll). Evaluasi ini menjadi dasar untuk pengambilan kebijakan berikutnya.

Diharapkan dengan adanya sertijab ini, akan mendorong percepatan pengembangan varietas unggul perkebunan.  Ada komoditas unggulan perkebunan yang dapat dikembangkan dalam skala yang luas. Misal tebu atau lada, dikembangkan pada lahan seluas 10 ha atau lebih. Oleh karena itu, dalam pengambilan keputusan jangan ragu-ragu, kecuali kalau tidak yakin, ujar Ka Badan.

Lebih jauh disampaikan bahwa, dunia pertanian Indonesia  dinilai mengalami kemajuan yang baik. Saat ini tidak perlu impor beras lagi, sementara impor jagung mampu ditekan.  Hal ini menunjukkan hasil yang baik dari buah kerja keras yang selama ini ditunjukkan oleh kementerian pertanian, termasuk dari peneliti Badan Litbang Pertanian.  Oleh karena itu, kepada para pejabat baru diharap kondisi ini untuk melecut semangat, menginspirasi kegiatan penelitian melalui terobosan terobasan inovasi baru, dan mampu menjaring kemitraan.  Selamat bekerja, sukses Puslitbangbun, Sukses Badan Litbang Pertanian, dan sukses Kementan.

Foto: Arahan Kepala Badan Litbang Pertanian, Dr. M. Syakir

Foto: Para pegawai Puslitbangbun dan Balittro menghadiri sertijab

Foto: Dari kiri ke kanan: Ir. A. Jauhari H. (Kepala Sub Bagian Kepegawaian dan Rumah Tangga Puslitbanghorti), Dr. Fadjry Djufry (Kepala Puslitbangbun), Dr. Agus Wahyudi (Direktur Tanaman Semusim dan Rempah), Ir. Andi Nur Alam Syah, SP., MTP (Kepala BB Mektan), Dr. Wiratno (Kepala Balittro)

Foto: Ucapan selamat dari para karyawan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *