Seminar Triwulan Ke-3 : Pentingnya Kemitraan Para Pelaku Usaha Tebu untuk Mencapai Swasembada Gula

Aktifitas Puslitbangbun Artikel Tebu

BOGOR, PERKEBUNAN – Tebu (Saccharum officinarum) merupakan salah satu komoditas yang penting dalam pembangunan sub sektor perkebunan antara lain untuk memenuhi kebutuhan domestik maupun sebagai komoditas ekspor penghasil devisa negara. Dalam upaya meningkatkan produksi dan produktivitas tebu serta mendukung keberhasilan Program Swasembada Gula Nasional, pada seminar Triwulan yang ke-3 Puslitbang Perkebunan menitikberatkan pembahasan mengenai permasalahan teknis budidaya tebu dan bagaimana cara menjalin kemitraan berkesinambungan antara petani tebu rakyat dan pabrik gula.

Pada seminar tersebut, disampaikan oleh Bpk. Ir. Mastur, Msi, Phd mengenai : (1) perlunya peta sebaran varietas tebu yang sesuai dengan tipologi lahan dan sifat kemasakan tebu, (2) bagaimana mengkarakterisasi dan mengidentifikasi peranan tebu sebagai sumber pakan alternatif, dan mengkarakterisasi dan mengidentifikasi peranan limbah ternak dalam sistem usaha tani, serta mendapatkan teknik proses pembuatan silase yang menghasilkan pakan ternak bermutu, (3) cara memperoleh prototipe alat roges tebu yang efektif terbuat dari bahan-bahan lokal dengan teknik pengerjaan sederhana, serta (4) memanfaatkan inokulan biofertilizer sebagai produk pupuk alami untuk meningkatkan produksi pertanian sekaligus mengurangi pencemaran lingkungan.

Pada Kesempatan yang sama, disampaikan oleh Bpk. NDA Widjajanto beberapa kunci sukses dalam pola kemitraan antara petani tebu rakyat dengan pabrik gula, yaitu :

  1. Adanya kepastian usaha bagi Petani Tebu Rakyat yang mendorong Petani loyal kepada Perusahaan
  2. Kapabilitas Petugas Pabrik Gula yang memadai, yaitu yang memiliki kemampuan teknis yang cukup, memahami aspek finansial usahatani tebu serta memiliki naluri human relation yang tinggi dan handal
  3. Keragaan pabrik yang baik akan menjadi daya tarik bagi Petani Tebu Rakyat
  4. Semaksimal mungkin memanfaatkan perkembangan teknologi untuk menuju Pola Kemitraan yang saling menguntungkan dalam skala usaha jangka panjang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *