Seminar Nasional Aren, 26-27 September 2012

Uncategorized

KUTIM, PERKEBUNAN – Balai Penelitian Tanaman Palma (Balit Palma) Manado,Puslitbang Perkebunan, Badan Litbang Kementerian Pertanian bekerjasama dengan Dinas Perkebunan Kabupaten Kutai Timur akan menyelenggarakan Seminar Nasional Aren pada tanggal 26-27 September 2012 bertempat di Novotel Balikpapan, Kalimantan Timur.

Seminar Nasional dengan tema “Aren Untuk Pangan dan Alternatif Energi Terbarukan” bertujuan untuk (1) Memperkenalkan tanaman aren sebagai sumber pangan dan energi serta perkembangan dukungan inovasi teknologinya, (2) Mempertemukan para pengambil kebijakan dan kalangan peneliti/cendekiawan dan kalangan usaha untuk meningkatkan pemanfaatan tanaman aren sebagi sumber pangan dan energy, dan (3) Membantu para stakeholder untuk mengembangkan varietas tanaman aren Genjah yang potensial.

 

PEMBICARA KUNCI

  1. Penguatan Kelembagaan Mendukung Pengembangan Aren Sebagai Sumber Pangan Potensial dan Subsitusi Energi terbarukan (Ir. Siswono Yudohusodo / Anggota Komisi VI DPR RI).
  2. Arah dan Strategi Pengembangan Inovasi Teknologi Aren (Dr.Ir. Haryono / Kepala Badan Litbang Pertanian)

 

MAKALAH UTAMA

  1. Program Pengembangan Aren Sebagai Komoditas Unggulan Spesifik Lokasi Kutai Timur (Bupati Kutai Timur, Kalimantan Timur).
  2. Strategi Operasional Pengembangan Aren Sebagai Sumber Pangan dan Energi Terbarukan Nasional (Direktorat Jenderal Perkebunan).
  3. Diversifikasi, Peluang dan Tantangan Pengembangan Produk Olahan Aren (Gabungan Pengusaha Makanan Minuman Indonesia / GAPMMI)
  4. Aren Seabagai Bahan Bakar Bioetanol (Prof. Dr. Bambang Prastowo – Forum Komunikasi Profesor Riset Badan Litbang Pertanian).

 

Selengkapnya klik disini


 

ol/div

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *