Semiloka Nasional Tanaman Pemanis, Serat, Tembakau dan Minyak Industri, 10 Oktober 2012

Artikel Tebu Artikel Tembakau Uncategorized

MALANG, PERKEBUNAN – Balai Penelitian Tanaman Pemanis dan Serat (Balittas) Malang, Puslitbang Perkebunan, Badan Litbang Kementerian Pertanian akan menyelenggarakan Semiloka Nasional Tanaman Pemanis, Serat, Tembakau dan Minyak Industri pada tanggal 10 Oktober 2012 bertempat di Malang, Jawa Timur.

Semiloka dengan tema “Inovasi Teknologi Mendukung Swasembada Gula dan Peningkatan Produktivitas Tanaman Serat, Tembakau, dan Minyak Industri” bertujuan untuk mendiskusikan inovasi teknologi dalam rangka menyusun strategi penelitian dan pengembangan, menghasilkan rekomendasi strategis untuk pencapaian swasembada gula dan peningkatan produktivitas tanaman serat, tembakau dan minyak industri, serta memperkuat jejaring kerja dengan institusi terkait.

Adapun Topik dan Pembicara yang akan menyampaikan materi utama adalah sbb :

  1. Strategi Penelitian dan Pengembangan Tanaman Pemanis, Serat, Tembakau, dan Minyak Industri dalam Mendukung Empat Sukses Kementan (Kepala Badan Litbang Pertanian).
  2. Research Programe Sugarcane on Biotechnology (BSES, Australia*).
  3. Kebijakan Program Akselerasi Pengembangan Tebu Nasional dalam Mencapai Swasembada Gula 2014 (Direktorat Tanaman Semusim).
  4. Hasil-hasil Penelitian dan Diseminasi Tanaman Tebu (P3GI*).
  5. Strategi PTPN X dalam Meningkatkan Rendemen dan Produktivitas Tebu (PTPN X).
  6. Pengalaman PG Gunung Madu Plantation dalam Pengembangan Varietas Tebu (PT. Gunung Madu Plantation, Lampung).
  7. Pola Kemitraan dalam Pengembangan Tebu Rakyat (PT. Kebon Agung).

Sedangkan untuk topik-topik bagi pemakalah penunjang yaitu hasil-hasil penelitian dan review komoditas tanaman pemanis, serat, tembakau, dan minyak industri.

Peserta Semiloka adalah para peneliti, dinas, swasta, dosen, penyuluh, mahasiswa, asosiasi petani, dan praktisi lain dalam komoditas serat alam, serta berbagai kalangan yang bergerak dalam agroindustri atsiri.

Informasi selengkapnya : Downdload Leaflet-1.jpg dan  Leaflet-2.jpg

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *