Selenothrips rubrocinctus : Hama Penting pada Jarak Pagar

Artikel Jarak Pagar Berita Perkebunan

BERITA PERKEBUNAN – Kenaikan harga minyak bumi yang tajam mendorong pemerintah untuk mengembangkan sumber-sumber energi alternatif yang bersifat terbarukan dan ramah lingkungan. Jarak pagar (Jatropha curcas L.) merupakan salah satu tanaman penghasil minyak yang berpotensi sebagai sumber bahan baku untuk biodiesel.

Tanaman jarak pagar belum dibudidayakan secara intensif dan umumnya berfungsi sebagai pagar pembatas lahan, bahkan seringkali hanya tubuh secara liar. Program pemerintah untuk mensubstitusi 5% minyak bumi sebagai bahan bakar sampai pada tahun 2025 dapat memacu penanaman jarak pagar dalam skala luas dan intensif. Tidak tertutup kemungkinan usaha budidaya dilakukan secara monokultur.

Cara budidaya seperti ini dapat menyebabkan perubahan keadaan agroeksosistem, salah satunya adalah dalam hal pengurangan keanekaragaman hayati, Kondisi seperti ini akan menyediakan lingkungan yang sesuai untuk perkembangan hama. Akibatnya akan terjadi perubahan status hama yang semula tidak penting menjadi hama penting dan merugikan.

Selengkapnya download full text : warta-Vol-14-No.3-2008.pdf

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *