Saran-Saran Pengembangan Tanaman Palma di Gorontalo

Aktifitas Puslitbangbun

AKTIVITAS PERKEBUNAN – Kepala Balai Penelitian Tanaman Palma (Balit Palma) Manado Dr. Ismail Maskromo menyampaikan beberapa saran pengembangan tanaman palma di Gorontalo dalam acara “Penyuluhan Pertanian Organik Berbasis Sumber Daya Lokal” di Lokasi IFS ( Integrated Farming System) Kab. Gorontalo (28/4/17). Saran-saran tersebut meliputi peremajaan Kelapa Dalam, pemanfaatan buah kelapa untuk produksi minyak sehat dan pengembangan kelapa Genjah dan Hibrida untuk produksi nira.

Kepala Balit Palma sebagai penanggungjawab kegiatan penelitian KP4S (Kerjasama Penelitian, Pengkajian dan Pengembangan Pertanian Strategis) tahun 2017 dengan judul ‘Percepatan Penyediaan Benih Kelapa Hibrida Produksi Nira mendukung Swasembada Gula Nasional, diundang menghadiri acara tersebut. Selain itu disampaikan juga peluang pengembangan tanaman Aren untuk produksi gula dan ethanol serta tanaman Pinang sebagai salah satu tanaman Palma yang berpotensi sebagai produk ekspor jika dikembangkan secara luas di Gorontalo.

Kegiatan ini merupakan bagian dari Acara Dies Natalis Fakultas Pertanian Unsrat ke 57, yang dihadiri oleh Bupati Kab. Gorontalo Prof. Nelson Pomalingo, Dekan Faperta Unsrat Prof. Jantje Pelealu, Sekda dan Kadis Pertanian Kab. Gorontalo, dan Wakil

Bupati terpilih Kab. Boalemo Ir. Anas Yusup MS.Lebih lanjut Kepala Balit Palma menyampaikan bahwa dalam rangka mendukung pertanian organik, disarankan untuk memanfaatkan sedimen dan enceng gondok yang terdapat di Danau Limboto yang dapat diolah menjadi pupuk organik, sekaligus memecahkan masalah lingkungan melalui program ” Mengubah Masalah Menjadi Berkah”.

Masyarakat di sekitar Danau Limboto bisa diberdayakan untuk mengambil dan mengolah potensi pupuk organik tersebut dalam meningkatkan pendapatannya, menyelesaikan masalah lingkungan dan meningkatkan kesuburan tanah pertanian Gorontalo. Potensi pupuk organik dari sedimen danau dan enceng gondok tersebut juga dapat digunakan untuk mendukung pertumbuhan tanaman palma.

Bupati Nelson Pomalingo dalam sambutanya menyambut baik dan antusias untuk mengembangkan komoditi palma yang bernilai ekonomi tinggi dan berpeluang meningkatkan pendapatan petani di wilayahnya.

Sebagai tindaklanjutnya beliau berencana berkunjung ke Balit Palma Balitbangtan di Manado untuk membicarakan program pengembangan tanaman palma di daerahnya melalui kerjasama yang berkelanjutan.

Sumber: Balai Penelitian Tanaman Palma

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *