Safari PUI di Kabupaten Selayar

Aktifitas Puslitbangbun Artikel Kelapa Berita Perkebunan Highlight

AKTIVITAS PERKEBUNAN – Balai Penelitian Tanaman Palma (Balit Palma), Badan Litbang Pertanian sebagai Pusat Unggulan (PUI) IPTEK Kelapa melaksanakan Safari PUI di Kepulauan Selayar (8/8/17). Kegiatan safari yang dilaksanakan bersama dengan Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan Buah Subtropik (Balitjestro) ini untuk menunjang program Kemenristek DIKTI. Kegiatan Safari PUI dibuka Bupati Pemkab Kep. Selayar yang diwakilkan oleh Asisten II Pemkab Kep. Selayar.

Kegiatan Safari PUI dengan pemakalah utama dari Balit Palma, tentang Observasi Produktivitas Kelapa Dalam Selayar untuk menunjang pelepasan varietas tersebut. Acara dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat Tanda Daftar Varietas Kelapa Dalam Selayar dari Kantor Perlindungan Varietas Tanaman yang diserahkan oleh peneliti Balit Palma Ir. Elsje Tenda, MS. Materi Bimtek dari Balit Palma adalah budidaya tanaman kelapa dan pasca panen kelapa.

Petani sangat antusias dengan materi Bimtek Balit Palma. Materi yang diberikan kemudian akan dilanjutkan dengan kerjasama untuk pelatihan petani di bidang agronomi, hama dan pengolahan hasil. Peserta yang hadir adalah petani kelapa 23 orang, penyuluh 16 orang dan Pegawai Teknis 11 orang.

Sumber: Balai Penelitian Tanaman Palma (Balit Palma)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *