ROSELINDO TEA GOES TO JAPAN

Artikel Rosela Berita Perkebunan Highlight

BERITA PERKEBUNAN – Rosela herbal varietas Roselindo-1, Roselindo-2,Roselindo-3 dan Roselindo-4 telah dilepas pada tahun 2015. Varietas Roselindo-2, yaitu varitas dengan karakter warna calyx ungu, sejak 2016 telah dimanfaatkan oleh industri minuman di Jepang, yaitu Sunkirashike Co. Ltd. Produk minuman sehat yang terbuat dari calyx utuh Roselindo-2 tersebut bernama Rosela Tea dan telah digemari oleh masyarakat pecinta minuman herbal.

Pengembangan pemanfaatan varietas-varietas unggul rosela herbal dilakukan oleh peneliti Balittas, Badan Litbang Pertanian dengan membuat produk yang diberi nama Roselindo Tea, yaitu calyx rosela herbal yang berbentuk serbuk dalam kantong teh (tea bag).

Pada tanggal 9 Juli 2018, Mr. Kokubo Ken dan Ms. Keiko Uechi, owner dari Sunkirashike Co. Ltd. berkunjung ke Balittas untuk konsultasi tentang produk rosela herbal varietas Roselindo 2 yang akan dibeli dari petani di Nganjuk yang selanjutnya diolah menjadi produk Rosela Tea.

Selain konsultasi, kunjungan tersebut dimanfaatkan untuk memperkenalkan Roselindo Tea melalui uji organoleptik. Uji tersebut melibatkan 4 jenis Roselindo Tea, yaitu 3 jenis berupa blending calyx Roselindo-1 dan Roselindo-2 dengan 3 macam komposisi, dan Roselindo-2. Hasil uji organoleptik tersebut menunjukkan bahwa kedua panelis Jepang dapat menerima rasa, falvour, maupun warna ekstrak dari Roselindo Tea baik yang berupa blending dua varietas Roselindo maupun hanya Roselindo-2.

Berdasarkan hasil tersebut, pihak Sunkirashike Co. Ltd. akan memasarkan calyx Roselindo-2 berbentuk serbuk dalam kantong teh (Roselindo Tea) di Jepang. Penerimaan Sunkirashike Co. Ltd terhadap Roselindo Tea akan diperkuat dengan penandatanganan MoU yang akan dilaksanakan pada 16 Oktober 2018 dalam satu rangkaian acara Indonesia Innovation Day 2018 di Kobe, Jepang, dimana Roselindo Tea merupakan salah satu produk unggulan Indonesia yang dipamerkan. Roselindo Tea merupakan produk unggul minuman herbal yang berasal dari budidaya dan pengolahan varietas unggul rosela herbal hasil karya peneliti Balittas.

Sumber: Balai Penelitian Tanaman Pemanis dan Serat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *