Rosela Merah

Berita Perkebunan

INFO TEKNOLOGI PERKEBUNAN – Rosela (Hibiscus sabdariffa L.) pada mulanya dikembangkan untuk diambil seratnya untuk dipakai sebagai bahan karung goni. Seiring dengan makin pudarnya karung goni dan umur tanaman yang lama, maka tanaman ini tidak lagi dipakai sebagai bahan baku pembuatan karung goni. Saat ini rosela dikembangkan lagi bukan untuk diambil seratnya tetapi untuk diambil kelopak bunganya.

Bunga rosela khususnya kelopak bunganya telah sejak lama dipergunakan untuk minuman alami. Beberapa pustaka menyebutkan bahwa bunga rosela yang masih segar mengandung air: 82,49%; abu: 1,26%; asam organik: 3,31%; fruktosa: 0,82%; sukrosa: 0,24%; abu: 1,26%. Selain itu dikatakan pula bahwa bunga rosela mengandung banyak vitamin C, vitamin A, dan asam amino dalam jumlah cukup. Khasiatnya bagi tubuh antara lain memperbaiki metabolisme tubuh, sehingga tubuh menjadi lebih segar.

Penelitian menunjukkan, sirup bunga rosela dapat dipakai untuk menyembuhkan penyakit kanker dan radang, mengendalikan tekanan darah, melancarkan peredaran darah, dan melancarkan buang air besar. Saat ini kelopak bunga rosela telah dijadikan aneka minuman dan jajanan antara lain sirup, selai, dan manisan.

Sumber: Balai Penelitian Tanaman Pemanis dan Serat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *