Respon Cepat Puslitbang Perkebunan Meningkatkan Standar Pelayanan Publik

Aktifitas Puslitbangbun Berita Perkebunan Highlight

AKTIVITAS PUSLITBANGBUN – Upaya perbaikan pelayanan publik wajib dilakukan oleh seluruh penyelenggara negara agar masyarakat dapat memperoleh hak-haknya ketika membutuhkan pelayanan. Badan Litbang Pertanian merespon apa yang menjadi tuntutan publik dengan menyelengarakan rapat koordinasi perbaikan pelayanan publik. Bertempat di Aula Balai Penetian Ternak Ciawi Bogor, Badan Litbang Pertanian mengundang UK/ UPT dalam rangka meningkatan kualitas dan evaluasi pelayanan publik serta penilaian mandiri pelaksanaan reformasi birokrasi tahun 2019.

Rapat penyusunan stadar pelayanan publik dibuka oleh Dr. Soeharsono, S.Pt., M.Si. Kepala Balai Penelitian Ternak Ciawi didampingi oleh Dr. Parlindungan Silitonga Kepala Subbagian Hukum dan Organisasi Sekretariat Balitbangtan, dan dihadiri oleh pejabat/ staf UK/ UPT lingkup Badan Litbang Pertanian. Dr. Soeharsono berpesan kepada seluruh peserta agar tetap semangat dalam memberikan pelayanan kepada stakeholder, cepat memberikan pelayanan, penjelasan mudah dimengerti, berikan layanan yang tidak biasa-biasa saja tapi pastikan pengguna layanan puas. Pelayanan Publik harus mempunyai kekuatan yang bisa memberi dampat positif terhadap pengguna. Balitbangtan adalah lembaga riset yang mempunyai tugas fungsi menghasilkan teknologi dan inovasi pertanian yang dibutuhkan petani dan masyarakat. Oleh sebab itu dalam menjalankan tusi tersebut diharapkan semua pejabat dan staf dapat melakukan dengan profesional, transparan, dan akuntabel atau dapat dipertanggungjawabkan.

Kepala Subbagian Hukum dan Organisasi Sekretariat Balitbangtan menyampaikan pentingnya penyusunan standar pelayanan publik dalam mendukung pelaksanaan reformasi birokrasi di Balai Penelitian lingkup Badan Litbang Pertanian. Dr. Parlin mengapresiasi Pimpinan BBP2TP yang telah memberikan Bimbingan Teknis pelaksanaan Public Hearing di BBP2TP diikuti oleh seluruh BPTP lingkup Badan Litbang, dan berharap seluruh UK/UPT lingkup Badan Litbang Pertanian melakukan public hearing standar pelayanan publik pada tahun 2019 dengan mengundang semua pengguna layanan diantaranya petani, penyuluh, dinas, perguruan tinggi termasuk ombudsman.

Kepala Subbid PHP Puslitbangbun, Sudarsono SE, hadir dalam rapat dan menyampaikan bahwa Puslitbang Perkebunan telah melaksanakan Public Hearing Standar Pelayanan Publik pada beberapa waktu yang lalu. Dalam rangka memaksimalkan upaya peningkatan kualitas pelayanan publik Puslitbang Perkebunan terus melakukan evaluasi pelayanan publik guna memperbaiki, dan menyempurnakan layanan yang sesuai dengan aspek-aspek penyelenggaraan pelayanan publik. Berbagai kemudahan akses informasi publik diupayakan baik secara offline maupun online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *