Rencana Pembangunan Kebun Induk Kelapa Dalam di Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau

Aktifitas Puslitbangbun Artikel Kelapa

AKTIVITAS PERKEBUNAN – Kamis, 16 Mei 2019, Balai Penelitian Tanaman Palma (Balit Palma)-Balitbangtan, salah satu UPT Puslitbang Perkebunan di Manado mendapat kunjungan dari Dinas Perkebunan dan Hortikultura yaitu Safril, SP dan Zulkipli, SP. Kunjungan dalam rangka konsultasi tersebut diterima oleh Kasie Jaslit Balit Palma Engelbert Manaroinsong, SP, M.Si., bersama peneliti Meity A. Tulalo, SP, MP., dan Alfred Pahala M, SP.

Perwakilan dari Dinas Perkebunan dan Hortikultura tersebut mengutarakan bahwa dalam upaya menjamin ketersediaan benih kelapa Dalam yang berkualitas di Kabupaten Kepulauan Meranti-Riau pada masa yang akan datang, Pemerintah Daerah setempat melalui Dinas Perkebunan dan Hortikultura Kabupaten Kepulauan Meranti akan membangun Kebun Induk Kelapa Dalam seluas 5 ha.

Dalam pelaksanaan konsultasi tersebut, beberapa Peneliti Balit Palma terkait telah memberikan penjelasan mengenai persyaratan teknis untuk pembangunan kebun induk berupa kebutuhan benih dan syaratnya serta penanganan benih dan teknik budidaya di lapangan juga syarat administratif lainnya (Kepemilikan lahan).

Sebagai tindak lanjut dari konsultadi tersebut, Dinas Perkebunan dan Hortikultura Kabupaten Kepulauan Meranti akan bekerjasama dengan Balit Palma untuk melakukan evaluasi kesesuaian lahan dan penentuan benih yang akan digunakan untuk pembangunan Kebun Induk yang dimaksud. Diharapkan kerjasama ini dapat memberikan manfaat untuk pengembangan dan kemajuan perkelapaan di Indomesia ke depan.

Sumber: Balai Penelitian Tanaman Palma (Balit Palma)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *