Remaja Zaman Now : Cintai Pertanian, Siapa Takut!

Aktifitas Puslitbangbun Berita Perkebunan Highlight

AKTIVITAS PERKEBUNAN – Sektor pertanian masih menjadi salah satu tulang punggung perekonomian yang sifatnya strategis. Butuh dukungan dari berbagai pihak untuk mewujudkannya, terutama generasi muda yang nantinya akan menjadi lokomotif pembangunan nasional.

Istilah generasi “zaman now” yang melekat pada pemuda saat ini selalu diidentikkan dengan istilah kekinian, mengikuti trending, dan sangat cepat terhadap perkembangan modern. Namun di balik itu semua yang menjadi tantangan adalah generasi muda saat ini dituntut untuk lebih peduli terhadap sekitar. Tidak terjebak pada situasi kekinian dan kedisinian. Dengan menumbuhkan rasa cinta terhadap dunia pertanian menjadi langkah awal yang nantinya diharapkan dapat ikut serta mewujudkan nasionalisme pangan.

Seperti yang dilakukan oleh sejumlah 140 siswa SMA didampingi 26 guru dalam kunjungannya ke Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) hari ini, Rabu (14/2). Rombongan disambut hangat oleh peneliti Balittri, Nendyo Adhi Wibowo, S.Si., M.Biotech., yang selanjutnya menyampaikan rasa terima kasih atas kunjungan dari SMA Wijaya Kusuma, Ciracas Jakarta Timur. Nendyo juga memaparkan selayang pandang tentang Balittri. Nendyo menambahkan semoga setelah mengetahui Balittri, melihat, kemudian bisa jatuh cinta pada dunia pertanian. “Kami sangat senang bila Balittri bisa memberikan kontribusi terhadap dunia pendidikan, sebagai sarana penunjang belajar siswa” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, rombongan yang diwakili oleh Kepala Sekolah Drs. Sutopo menjelaskan maksud kunjungan ini sebagai bahan pembelajaran, terutama bagi siswa jurusan IPA. Sutopo berharap dengan kegiatan ini siswa dapat lebih dalam mempelajari dan mengetahui dunia pertanian “Semoga kami pun bisa merutinkan agenda kunjungan ke Balittri tiap tahunnya” pungkasnya.

Sumber: Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *