Rapat Koordinasi dan Observasi Lapang Gelar Teknologi PENAS 2020

Aktifitas Puslitbangbun Berita Perkebunan Highlight

AKTIVITAS PUSLITBANGBUN – Bertempat di Kota Padang (18-19/01/2020), seluruh Unit Kerja/Unit Pelaksana Teknis ( UK/UPT) bersatu dalam rapat koordinasi gelar teknologi PENAS ke 16 2020 merapatkan barisan dengan melaksanakan rapat koordinasi persiapkan Gelar Teknologi Pekan Nasional (PENAS) ke 16 2020. Dr. Jekvi selaku Rapat Kepala BPTP Sumatera Barat dan Dr. Ir. Ellina Mansyah kepala Balittri memimpin selama rakor berlangsung yang dihadiri seluruh pejabat eselon 2, 3 dan 4 serta peneliti dan teknisi.

Rapat Koordinasi dimaksudkan untuk memfinalisasi konsep geltek serta aspek memperkuat koordinasi lintas UK/UPT. Aspek penting dalam bahasan rakor meliputi telaah ulang lahan/lokasi, layout/model cluster geltek, kluster, menentukan bibit dan benih, teknologi inovasi budidaya, paspa panen dan produk-produk olahan yang telah dihasilkan.

Hasil rakor menyepakati Geltek 2020 di Pariaman Sumatera Barat mengangkat tema Agribisnis Berbasis Teknologi, dengan konsep “Family Farming”. Geltek PENAS juga akan menampilkan: alsin, perbenihan, pupuk organik, PUTS, PUTK, PUTR, dan PU, serta akan diupayakan pelaksanaan bimtek/ workshop: teknik penyambungan stek/ okulasi, pembuatan kompos, bio-pestisida, pembuatan media tanam, pengolahan hasil packaging dan lainnya.

Usai rakor digelar, keesokan harinya Kepala BBP2TP, Dr. Muhammad Taufik Ratule memimpin langsung kunjungan ke lokasi PENAS. Taufik memberikan arahan kepada seluluh UK/UPT dan penanggungjawab Geltek terkait pentingnya meningkatkan terus koordinasi dengan Pemda Sumbar dan semua yang terlibat pada Penas dan memastikan lokasi sudah bersih siap untuk ditanami. Terkait dijalur yang dilalui presiden dan jalur evakuasi, mentonjolkan teknologi yang dimiliki Litbang, menyiapkan varietas unggul Litbang, pastikan saat penas semua tanaman sedang berbuah, identifikasi apa yang harus disiapkan di lokasi, tegas Taufik.

Selelah memberikan arahan Taufik berkoodinasi dengan Sekda Sumbar beserta jajarannya untuk mengevaluasi dan menindalanjuti persiapan Geltek Penas 2020.

Puslitbang Perkebunan bersama 4 Balai berkontribusi dalam perencanaan PENAS dengan menyiapkan benih kelapa, pinang, kurma, aneka tanaman rempah dan obat, kopi, kakao, dan aneka produk olahan.

Mengingat konsep PENAS tahun ini tidak sebatas sektor hulu, namun harus juga menampilkan sektor hilir (teknologi dan nilai tambah), diharapkan seluruh balai mampu berperan aktif untuk kesuksesan PENAS.

Kepala Puslitbangun, Ir. Syafaruddin, Ph.D pada kesempatan yang berbeda menyatakan, “mendukung sepenuhnya pelaksanaan PENAS, dengan memaksimalkan kontribusi sebagaimana yang telah ditetapkan”. Semoga PENAS 2020 menjadi momentum bersejarah dan penting untuk menyampaikan teknologi perkebunan kepada masyarakat dan mampu memberikan peningkatan pendapatan. Jayalah Perkebunan Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *