Rakor dan Evaluasi Kegiatan Puslitbang Perkebunan 2011

Aktifitas Puslitbangbun

BANDUNG, PERKEBUNAN – Rapat Koordinasi dan Evaluasi Kegiatan Puslitbang Perkebunan dilaksanakan di Bandung pada tanggal 23-24 Juli 2011. Rapat dihadiri oleh Ka Puslitbang Perkebunan, Dr. M. Syakir, Kabid PE, Dr. Rubiyo, Kabid KSPHP,  Dr. S. Joni Munarso, Kabid TU, Ir. Anik Sri Suryani, MS, Ka Balittro, Dr. Nurliani Bermawie, Ka Balitka, Dr. Chandra Indrawanto, Ka Balittri, Dr. Agus Wahyudi, Ka Balittas Ir. Bambang Heliyanto PhD, serta seluruh eselon IV lingkup Puslitbang Perkebunan dan para penelti Kelti Kebijakan Puslitbang Perkebunan.

 

Rapat dibuka oleh Bapak Dr. M. syakir, dalam sambutannya disampaikan bahwa tantangan Puslitbang Perkebunan saat ini semakin berat khususnya dalam menghasilkan teknologi unggulan tanaman perkebunan. Untuk menjawab masalah tersebut setiap Balai Penelitian diharapkan mampu menghasilkan teknologi tepat guna yang betul-betul bermanfaat bagi masyarakat serta membanggakan institusi sehingga dana yang terpakai dapat dipertanggung jawabkan secara moril.

Kepala Pusat juga mengucapkan rasa terimakasih yang setinggi-tingginya kepada seluruh staf lingkup Puslitbang Perkebunan atas kerja keras dan partisipasinya sehingga dua kegiatan Badan Litbang Pertanian yang dimotori oleh Bapak Kapuslitbang Perkebunan yaitu Gelar Teknologi pada acara Penas 2011 di Tenggarong, Kalimantan Timur dan Rumah Pangan Lestari di Pacitan, Jawa Tengah mendapat penghargaan dari Bapak Menteri Pertanian, Dr. Suswono dalam acara peringatan Hari Krida Pertanian ke 39, 2011. Sebagai penutup Dr. M. Syakir mengharapkan para peneliti mampu menjawab berbagai tantangan berat lainnya, diantaranya adalah untuk menghasilkan SOP tebu yang mampu mendukung swasembada gula tanpa melakukan esktensifikasi lahan.

Acara selanjutnya adalah presentasi seluruh Kepala Balai Penelitian lingkup Puslitbang Perkebunan, Kabid PE dan KSPHP serta Kepala Tata Usaha terkait berbagai kegiatan  yang sedang dilaksanakan pada tahun 2011 dan rencana kegiatan yang akan dilaksanakan pada tahun 2012. Pada hari ke 2, peserta raker berkesempatan berkunjung ke Kebun Percobaan Manoko, Lembang untuk melihat pemeliharaan ternak sapi perah yang diberi pakan limbah tanaman seraiwangi dan dapat dijadikan contoh nyata salah satu cara memanfaatkan Kebun Percobaan dalam rangka meningkatkan PNBP.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *