Raker II Badan Litbang Pertanian

Aktifitas Puslitbangbun

Rapat kerja II, Badan Litbang Pertanian tahun 2013 dengan tema “Revisi Program dan Anggaran 2013: Efisiensi Anggaran dan Efektivitas Program” dilaksanakan tanggal 28-30 Agustus 2012 di Auditorium Utama Ir. Sadikin Sumintawikarta, Kampus Pertanian Cimanggu, Bogor.

Ketua Penyelenggara Dr. Handewi Purwati Saliem dalam laporannya mengatakan bahwa Raker ini diikuti oleh +300 orang peserta yang terdiri dari perwakilan FKPR, Sekretaris Badan, Kepala Pusat/Puslitbang/Balai Besar, Kepala Balit, Lolit, BPTP dan BPATP, Kabid/Kabag/Peneliti, Penyuluh, Perekayasa Senior lingkup Pusat/Puslitbang/Balai Besar, Kasie Yantek/Kasie KSPP/Ka TU/Koordinator Program Peneliti, Penyuluh, Perekayasa Senior lingkup Balit/BPTP/Lolit/Lokaji.

Selanjutnya Raker II Badan Litbang Pertanian dibuka secara resmi oleh Kepala Badan Litbang Pertanian Dr. Haryono sekaligus pembingkaian Raker. Ka Badan mengatakan bahwa Tema Raker kali ini yaitu “Revisi Program dan Anggaran 2013” dengan target “Efisiensi Anggaran dan Efektivitas Program”, maknanya kepada hasil-hasil litbang yang bermanfaat bagi masyarakat luas, kita harus bersyukur.

Badan Litbang Pertanian dalam waktu dua tahun terakhir perannya sangat meningkat dan ditunggu oleh masyarakat, ujar Ka Badan.

Ka Badan juga menyampaikan kabar gembira bagi peneliti bahwa tunjangan fungsional bagi peneliti sudah disetujui Presiden untuk langsung dibayarkan oleh Kementerian Keuangan. Hal ini menunjukkan Presiden memberikan perhatian yang serius bagi para peneliti, imbuh Ka Badan. Mudah-mudahan awal Januari 2013 sudah turun dan berlaku surut, amien.

Ka Badan dalam pembingkaiannya mengatakan bahwa (1) Badan Litbang Pertanian telah berada pada kurva pertumbuhan fase kedua 2005-2035, (2) Tahun 2013-2014 merupakan tahun investasi infrastuktur dan pengembangan Sdm yang penting dan strategis, (3) Pengembangan insfrastruktur dan SDm tersebut harus diarahkan untuk mendukung reorientasi program penelitian dan pengembangan pertanian yang kuat, dan (4) Konsep dan pemikiran sistem diseminasi konvensional berubah sesuai dengan perkembangan teknologi informasi dan media.

Raker yang berlangsung selama tiga hari ini dengan cakupan materi yang akan disampaikan antara lain : (1) Arahan dan pembukaan oleh Kepala Badan Litbang Pertanian, (2) Pembingkaian Raker oleh Kepala Badan Litbang Pertanian, (3) Review Program dan Anggaran tahun 2013 UK/UPT lingkup Badan Litbang Pertanian, (4) Refocusing program litkajibangrappromasluh 2013-2014 Badan Litbang Pertanian, (5) Penajaman percepatan dan perluasan M-KRPL, Katam Terpadu, Diversifikasi, Sistem Modeling Pencapaian empat target sukses Kementan, dan (6) Penyusunan rencana investasi infrastruktur Badan Litbang Pertanian dalamm rangka memasuki kurva kedua Badan Litbang Pertanian. (Tim Web/dirangkum dari berbagai sumber)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *