Pustakawan Puslitbang Perkebunan Siap Menghadapi Era 4.0 Kreatif, Inovatif dan Produktif

Aktifitas Puslitbangbun Highlight

AKTIVITAS PUSLITBANGBUN – Pustakawan Puslitbang Perkebunan berpartisipasi mengikuti apresiasi peningkatan kompetensi pustakawan lingkup Kementerian Pertanian dibawah binaan Pusat Perpustakaan Penyebaran Teknologi Pertanian (PUSTAKA). Pada saat pembukaan Kepala PUSTAKA Dr. Ir. Sri Retno Mulyandari, M.Si mengatakan bahwa perkembangan jaman di era revolusi industri 4.0 menuntut pustakawan harus melek teknologi. Pustakawan menjadi ujung tombak dalam siatem pendokumemtasian dan penyebaran informasi pertanian melalui literasi. Informasi pertanian harus disampaikan dengan cepat dan tepat kepada yang memerlukan di antaranya melalui teknologi informasi atau berbasis digital. Untuk meningkatkan kemampuan Pustakawan dalam menjalankan tugas dan fungsinya di era revolusi industri 4.0, PUSTAKA menggelar Apresiasi Peningkatan Kemampuan Teknis dan Administrasi Pustakawan pada tanggal 28-30 Agustus 2019 di Hotel The Alana Solo, yang dihadiri oleh 30 Pustakawan di lingkup Kementerian Pertanian.

Jabatan fungsional merupakan kelompok jabatan yang mempunyai fungsi dan tugas berkaitan dengan pelayanan fungsional berdasarkan pada keahlian dan keterampilan tertentu. Dalam rangka mencapai tujuan nasional, dibutuhkan adanya Pegawai Negeri Sipil dengan mutu profesionalisme yang memadai, berdayaguna dan berhasilguna di dalam melaksanakan tugas umum pemerintahan dan pembangunan. Dengan demikian, Pegawai Negeri Sipil perlu dibina dengan sebaik-baiknya atas dasar sistem karier dan sistem prestasi kerja.

Kinerja pustakawan dipantau dan dinilai secara berkala oleh atasan langsung. Penilaian/evaluasi terhadap kinerja pustakawan oleh atasan langsung dilakukan setiap bulan terhadap Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) yang dibuat pada awal tahun sebagai kontrak kerja seorang pustakawan dengan atasannya. Sedangkan penilaian hasil kerja pustakawan dilakukan oleh Tim Penilai Jabatan Fungsional Pustakawan secara berkala terhadap Daftar Usul Penetapan Angka Kredit (DUPAK) yang berfungsi sebagai sarana untuk kenaikan pangkat/jabatan yang akan berimbas pula terhadap kenaikan tunjangan.
Agar memudahkan dan mempercepat penyusunan, pengajuan dan penilaian angka kredit telah dikembangkan aplikasi DUPAK online oleh PUSDATIN untuk pejabat fungsional lingkup Kementerian Pertanian termasuk Pustakawan. Aplikasi tersebut supaya dapat diterapkan oleh pustakawan, maka perlu dilakukan sosialisasi bagi para pustakawan lingkup Kementerian Pertanian. Dengan tersosialisasikannya DUPAK Online, proses pengajuan, pemberkasan, penilaian DUPAK akan lebih cepat dan penerbitan Penilaian Angka Kredit (PAK) akan lebih cepat juga serta jumlah pustakawan yang mengirim DUPAK akan bertambah banyak dalam pengelolaan DUPAK Online akan lebih mudah.

Kegiatan “Apresiasi Peningkatan Kemampuan Teknis dan Administrasi Pustakawan Lingkup Kementerian Pertanian” bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan aspek teknis dan administrasi para pustakawan, meningkatkan kesadaran terhadap perubahan dalam peraturan kepustakawanan, dan mensosialisasikan aplikasi Dupak Online kepada pustakawan.

Menghadapi era 4.0 pustakawan dituntut kreatif, inovatif dan produktif, untuk mencapai target yang diinginkan PUSTAKA menghadirkan narasumber-nasumber yang hebat-hebat antara lain: 1. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia dengan materi “Kebijakan (Joko Prasetyo, SH, S.S, M.Si) Pengembangan Jabatan Fungsional Pustakawan”, 2. Pusat Data dan Informasi Pertanian dengan materi “DUPAK Online” (Rahma Andany, S.Kom), 3. Universitas Negeri Solo dengan materi “Motivator pengembangan karakter pustakawan” (Dr. Muhammad Rohmadi, M.Hum), 4. Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian judul “Juknis Pustakawan lingkup Kementerian Pertanian” (Ir. Dewa Ngakan Cakrabawa, MM) dan “Kiat-kiat pengumpulan angka kredit” (Dra. Etty Andriaty, M.Si), serta “Kiat-kiat Pengembangan pustakawan” (Dr. Rico Pertamasari, S.Sos, M.Hum).
By Erri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *