Puslitbangbun Tandatangani Perjanjian Kerja Sama Pengembangan Komoditas Perkebunan dengan PTPN VIII

Aktifitas Puslitbangbun Berita Perkebunan Highlight Upsus

Bandung, Zperkebunan – Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan (Puslitbangbun) Dr. Fadjry Djufry bersama Direktur Utama PT. Perkebunan Nusantara (PTPN) VIII Wahyu menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) pengembangan komoditas perkebunan dan Bahan Bakar Nabati (BBN). Penandatanganan PKS ini dilakukan sebagai rangkaian dari kegiatan kunjungan Menteri Pertanian ke Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Penandatangan PKS disaksikan langsung oleh Menteri Pertanian Dr. Andi Amran Sulaiman, Komisi IV DPR RI Cucun Ahmad Syamsurijal, Wakil Gubernur Jawa Barat UU Ruzhanul Ulum, Bupati Bandung H. Dadang M. Naser, Waaster Kasad Brigjen TNI Gathut Setyo Utomo, para undangan, petani dan penyuluh di Kec. Kertasari, Kab. Bandung.

Perjanjian Kerjasama pengembangan komoditas perkebunan dan BBN dengan PTPN VIII ini meliputi pengembangan komoditas kopi, kakao, karet, teh dan tanaman penghasil Bahan Bakar Nabati (BBN), juga riset dan pengembangan biodiesel dari bahan Crude Palm Oil (CPO) dan tanaman perkebunan penghasil bahan bakar nabati lainnya, penyediaan benih unggul komoditas perkebunan, bimbingan teknis dan pendampingan inovasi teknologi perkebunan, dan kegiatan lain yang disepakati kedua belah pihak selama tiga tahun.

Perjanian Kerjasama ini akan dijabarkan dalam Ke rangka Acuan Kerja (KAK) memuat kegiatan yang lebih detail dan spesifik dari unsur-unsur yang akan dikerjasamakan dengan UPT lingkup perkebunan.
Kerjasama ini merupakan salah satu upaya menunjang program pemerintah terkait PERPRES No. 15 Tahun 2018 tentang percepatan pengendalian Pencemaran DAS Citarum.

Semoga melalui pengelolaan ekosistem dengan menanam komoditas perkebunan dan.pertanian lainnya yang bernilai ekonomi tinggi dapat memperbaiki kualitas lingkungan dan meningkatkan taraf hidup rakyat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *