Puslitbangbun Siap Mensukseskan Gerakan Kostratani

Aktifitas Puslitbangbun Highlight

AKTIVITAS PUSLITBANGBUN – Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan yang diwakili oleh Kabid Kerja Sama dan Pendayagunaan Hasil Penelitian (KSPHP) dan Kabid Program dan Evaluasi (PE), secara khusus menghadiri undangan dari Menteri Pertanian RI, Dr. Syahrul Yasin Limpo pada kegiatan Temu Nasional Komando Strategis Pembangunan Pertanian (Kostratani), di Kantor Pusat Kementerian Pertanian, Jakarta (11/12).

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) ini dihadiri lebih dari 1.000 orang peserta dari seluruh Unit Kerja/Unit Pelaksana Teknis Kementan di Indonesia diantaranya Kepala UPT lingkup Puslitbangbun, dengan tujuan untuk memasifkan Gerakan Kostratani yang digagas oleh Menteri Pertanian sebagai upaya untuk menciptakan pembaruan pembangunan pertanian guna mewujudkan ketahanan pangan nasional berjalan dengan baik.

Prof. Dr. Ir. Dedi Nursyamsi, M.Agr selaku kepala BBPSDMP dalam sambutannya menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan kesempatan bagi seluruh perwakilan penyuluh pertanian di Indonesia untuk mendapatkan arahan langsung dari Menteri Pertanian terkait Gerakan Kostratani yang menempatkan penyuluh pertanian di tingkat Kecamatan sebagai ujung tombak dalam kesuksean gerakan ini.

Lebih lanjut Menteri Pertanian turut memberikan arahan kepada seluruh peserta yang hadir agar mampu melakukan cara pendekatan dan pemikiran yang baru untuk menyelesaikan tantangan di era industri 4.0 saat ini, salah satunya seperti gerakan Kostratani tersebut.

“Kita tidak bisa melakukan hal yang sama dengan kemarin untuk menyelesaikan masalah saat ini. Coba cari pendekatan dan pemikiran baru dengan inovasi dan teknologi, salah satunya seperti gerakan Kostratani ini” ujar Syahrul.

“Dengan Kostratani saya berharap kondisi pertanian diseluruh Indonesia dapat dipantau secara langsung oleh Menteri, Gubernur, bahkan Bupati secara real time, kapan saja dan dimana saja, karena itu merupakan salah satu tujuannya” tambahnya.

Selain itu Kepala Puslitbangbun, Ir. Syafaruddin, Ph.D pada kesempatan berbeda juga menjelaskan, Puslitbangbun akan selalu siap sedia mensukseskan gerakan ini, salah satunya dengan membentuk tim khusus yang tergabung dalam Agriculture War Room (AWR) Badan Litbang Pertanian, yang merupakan sistem untuk memantau kondisi pertanian di berbagai daerah secara real time.

Dalam kegiatan ini juga turut dihadirkan narasumber sekaligus motivator pendiri ESQ Center Indonesia Dr. H.C Ary Ginanjar Agustian. Pada kesempatan ini, motivator ulung ini memberikan motivasi kepada seluruh peserta yang hadir agar selalu optimis mencapai seluruh target yang telah ditetapkan oleh Menteri Pertanian dengan diawali dari niat tulus dalam melakukan segala tugas dan tanggung jawab sebagai Aparatur Sipil Negara di Kementerian Pertanian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *