Puslitbangbun Selenggarakan Bimtek Budidaya dan Pasca Panen Kopi di TTP Kopi Bandung

Berita Perkebunan Highlight

BERITA PERKEBUNAN – Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan (Puslitbangbun) selaku penanggung jawab pengelolaan di tahun ke 2 pembangunan Taman Teknologi Pertanian (TTP) Kopi Bandung menyelengggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) “Teknologi Budidaya dan Pasca Panen Kopi”. Bimtek dilaksanakan dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pengelola di lokasi TTP Kopi di Desa Cibeureum Kecamatan Kertasari Kabupaten Bandung pada hari Selasa s/d Jumat tanggal 25-28 Juni 2019.

Bimtek diikuti oleh 60 peserta yang terdiri calon pengelola TTP, Petani, dan Pegiat kopi di sekitar lokasi TTP. Fokus utama dari Bimtek ini adalah teknik penyiapan benih sesuai dengan standar yang ditetapkan dan Penanganan Pasca Panen kopi mulai dari pemetikan biji kopi hingga menjadi kopi siap saji dengan kuwalitas dan citarasa tinggi (kuwalitas ekspor).

Kegiatan Bimbingan Teknis dibuka oleh Bapak Jumari, SIP dari Puslitbang Perkebunan yang kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi dari beberapa Nara Sumber dari Balai Penelitian Tanaman Insdustri dan Penyegar (Balittri) antara lain ialah Ir. Handi Supriyadi, APU yang menjelaskan Budidaya Tanaman kopi serta Eko Heri Purwanto, S.Tp, M.Sc dengan materi Pasca Panen Kopi.

Perserta Bimbingan Teknis yang terdiri dari 14 kelompok tani ini mendapatkan materi dalam bentuk teori dan praktek. Adapun kegiatan budidaya tanaman kopi terdiri dari cara bertanaman kopi mulai dari persiapan lahan sampai tehnik panen, pengendalian hama dan penyakit, serta perbenihan kopi. Sedangkan materi pasca panen kopi terdiri dari proses pengolahan (sortasi benih, pulping, fermentasi, pencucian, pengeringan, pengupasan kulit cangkang, sortasi biji, pengemasan dan penyimpanan biji) dan pengolahan kopi bubuk (penyangraian, penghalusan biji kopi sangria dan uji cita rasa)

Diakhir kegiatan, Bimtek ditutup oleh tokoh Petani kopi yang mewakili Dinas Tanaman Perkebunan Kabupaten Bandung, Agus A Dimiyati. Ia berharap agar di TTP Kopi Bandung dapat dilakukan Bimtek secara berkesinambungan untuk mendorong seluas-luasnya alih status Petani sayuran menjadi Petani kopi termasuk pelatihan untuk Barista.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *